Tanpa tambahan kentang, ini trik samarkan kerutan agar wajah lebih kencang pakai 1 jenis buah-buahan

6 Oktober 2023 19:10 WIB

Brilio.net - Kerutan merupakan gejala penuaan yang pasti dialami setiap orang. Bertambahnya usia membuat jaringan penyokong kulit, kolagen, dan elastin semakin melemah. Namun penuaan dini atau kerutan berlebih juga bisa dipicu oleh faktor lain. Seperti terlalu sering ‘berjemur’ di bawah terik matahari tanpa perlindungan memadai, asap rokok, efek samping obat tertentu, stres berlebih, berat badan turun drastis, kurang vitamin E, serta faktor genetik.

Seiring pertambahan usia, produksi minyak alami juga mengalami penurunan sehingga kulit kering dan tampak mengerut. Belum lagi, lemak pada lapisan kulit bagian dalam ikut berkurang. Ini bisa membuat kulit tampak kendur dan muncul garis-garis halus di area wajah. Kondisi ini memang bukan masalah serius yang harus dikhawatirkan, namun banyak wanita yang merasa kurang percaya diri dengan munculnya kerutan di wajah.

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, jangan panik dulu. Karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Sebab, selain berkunjung ke dokter kecantikan, ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkan kerutan di wajah. Sebagian orang memilih untuk memanfaatkan kentang guna mengatasi kerutan di wajahnya. Ada yang membuatnya menjadi masker hingga serum wajah.

Padahal selain kentang, ada bahan alami lain yang tak kalah efektif untuk menyamarkan kerutan wajah lho. Seperti yang ditunjukkan pemilik akun TikTok @doctor.cuong.23 pada 27 September 2023. Unggahan tersebut membagikan trik samarkan kerutan agar wajah lebih kencang pakai 1 jenis buah-buahan. Buah-buahan yang dimaksud adalah tomat. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu susu cair, madu, dan tepung beras.

"Eliminate enlarged pores and wrinkles for a youthful and radiant face (Menghilangkan pori-pori yang membesar dan kerutan untuk wajah awet muda dan berseri)," tulisnya dalam keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @doctor.cuong.23, Jumat (6/10).

foto: freepik.com

Selain untuk kesehatan, tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium pada tomat dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda membandel, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi.

Menurut jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan. Vitamin B dalam tomat juga diketahui berperan dalam perbaikan sel kulit sehingga bisa mencegah munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan.

Sementara susu, juga tak kalah ampuh dari skincare pasaran yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Salah satunya adalah memudarkan kerutan dan garis halus. Hal ini karena susu mengandung asam laktat, vitamin A, D, E dan K serta protein. Bahkan kandungan enzim, protein, mineral dan vitamin pada susu juga bisa membantu mengurangi kerutan-kerutan pada kulit yang terbentuk akibat penuaan.

Madu pun merupakan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan wajah. Kandungan vitamin dan mineral yang sangat kaya di dalam madu bisa membantu menenangkan kulit dan menghilangkan garis halus, kerutan, serta noda, dan flek hitam pada kulit wajah.

Begitupun dengan tepung beras yang juga ampuh untuk merawat kekenyalan wajah, terutama mengatasi kerutan. Tepung beras mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Selain itu, tepung beras juga dapat merangsang produksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit.

foto: TikTok/@doctor.cuong.23

Dengan keempat bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat masker wajah yang ampuh mengencangkan wajah dan memudarkan kerutan. Kamu juga akan mendapatkan wajah yang cerah dengan pemakaian rutin lho. Ini cara membuatnya.

Bahan:

1. 5-6 sendok teh sari tomat (kamu bisa dapatkan dengan memarut tomat dan memeras airnya)
2. 4 sendok teh susu cair
3. 1 sendok makan madu
4. 2 sendok makan tepung beras

foto: TikTok/@doctor.cuong.23

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang disebutkan pada wadah.
2. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata.
3. Aplikasikan masker buatanmu pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh.
4. Diamkan selama 20 menit.
5. Bilas menggunakan air dingin sampai bersih.
6. Keringkan wajah lalu aplikasikan moisturizer favoritmu (kamu bisa pakai almond oil atau produk lainnya).
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah kencang bebas kerutan.

(brl/jad)