Tanpa tambahan lemon, ini trik bikin kulit wajah glowing dan cerah merata dengan 1 jenis sayuran

27 September 2023 15:10 WIB

Brilio.net - Punya kulit wajah yang sehat dan cerah bercahaya atau glowing tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Bahkan, tak sedikit yang melakukan berbagai cara membuat wajah glowing permanen untuk mendapatkannya. Kulit wajah yang glowing atau cerah bercahaya merupakan salah satu ciri kulit sehat yang utama.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang menyebabkan wajah kusam sehingga kulit wajah glowing jadi sulit didapat. Kulit wajah tampak glowing diartikan sebagai kulit yang cerah, halus, kenyal, dan warnanya merata. Kondisi wajah ini bisa diperoleh melalui serangkaian perawatan kulit sehari-hari, baik menggunakan produk skincare tertentu maupun bahan-bahan alami di sekitar.

Namun beberapa orang memiliki kulit glowing dengan bantuan makeup. Padahal kamu bisa lho mendapatkan kulit glowing dan cerah merata secara alami tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Meski efeknya tidak secepat metode perawatan kulit di klinik kecantikan, bahan-bahan alami juga mampu membuat wajah menjadi glowing jika digunakan secara rutin.

foto: freepik.com

Tanpa tambahan lemon, karena pemilik akun TikTok @beautybay pada 31 Juli 2020 menggunakan 1 jenis sayuran untuk membuat wajah glowing dan cerah merata. Sayuran yang dimaksud adalah bayam. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun, madu, dan yoghurt.

"DIY spinach mask for glowy skin (Masker bayam DIY untuk kulit bercahaya)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautybay, Rabu (27/9).

Sayuran hijau seperti bayam banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tapi, pernah nggak sih, kamu kepikiran seikat bayam yang sering kamu temukan di pasar ataupun supermarket, ternyata juga bisa loh bikin wajahmu jadi putih, mulus, dan glowing lho. Seperti yang dilansir dari easygrowvegetables.net, bayam bukan hanya baik untuk memelihara kesehatan tubuh tapi sangat baik juga menjaga kecantikan kulit.

Nah, kandungan asam folat, vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam bayam sangat efektif mencerahkan dan meratakan warna kulit wajahmu. Jadi, kamu nggak perlu bingung mengatasi kulit wajahmu yang kusam.

Sementara minyak zaitun, membantu melembapkan dan membuat kulit lebih cerah merata. Manfaat minyak zaitun untuk kulit diperoleh dari efek antioksidan yang berasal dari kandungan squalene, oleocanthal, dan vitamin E. Bahkan berkat kandungan lemak dan antioksidannya, kulit akan terlihat lebih terhidrasi, halus, dan tampak glowing.

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Manfaatnya ini berasal dari kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Manfaat masker madu yang pertama adalah dapat membuat kulit jadi lebih lembap, cerah, dan glowing. Selain dapat mencerahkan kulit, masker madu juga dapat membantu untuk meratakan warna kulit yang tidak merata.

Begitupun dengan yoghurt yang salah satu manfaatnya dapat mencerahkan kulit. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase. Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap.

foto: TikTok/@beautybay

Dengan keempat bahan yang sudah disebutkan manfaatnya, kamu dapat membuat masker pencerah wajah untuk mendapatkan wajah glowing. Jika digunakan secara rutin, kamu juga akan mendapatkan wajah yang terasa lebih kenyal dan awet muda. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. Segenggam bayam
2. 1 sendok makan minyak zaitun
3. 1 sendok makan madu
4. 1 sendok makan yoghurt

foto: TikTok/@beautybay

Cara membuat:

1. Cuci bayam sampai bersih
2. Masukkan bayam kedalam blender dan tambahkan minyak zaitun, madu, dan yoghurt
3. Blender keempat bahan tersebut hingga halus dan tercampur merata
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
5. Diamkan selama 10-15 menit
6. Bilas menggunakan air hingga bersih
7. Keringkan, kemudian lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang glowing dan cerah merata.

(brl/wen)