Tanpa tomat, cewek ini bagikan cara bersihkan pori-pori wajah agar bebas minyak pakai 1 jenis tepung

12 / 05 / 2024 14:00 WIB

Brilio.net - Pori-pori wajah sering menjadi topik yang dibahas, tidak hanya bagi mereka yang peduli dengan kecantikan, tetapi juga untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Berbicara mengenai pori-pori, bagian kulit manusia ini seringkali terlupakan dalam rutinitas perawatan wajah.

Perlu diketahui, pori-pori wajah berfungsi sebagai saluran keluarnya minyak dan keringat di permukaan kulit. Setiap folikel rambut memiliki pori-pori yang terhubung ke kelenjar minyak di bawah kulit. Ukuran pori-pori bisa bervariasi tergantung pada genetik, usia, dan faktor lingkungan.

Membersihkan pori-pori kulit menjadi rutinitas kecantikan yang perlu dilakukan setiap waktu. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati dapat menyebabkan jerawat, komedo, dan peradangan kulit lainnya. Membersihkan pori-pori secara teratur membantu mencegah terjadinya penumpukan kotoran.

Selain itu, kulit yang bersih lebih mampu menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik. Ketika pori-pori bersih, produk perawatan kulit seperti pelembap dan serum dapat bekerja secara optimal.

Tak hanya itu, pori-pori yang tersumbat rentan terhadap peradangan dan infeksi. Membersihkan pori-pori membantu mengurangi risiko peradangan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Untuk membersihkan pori-pori wajah, ada berbagai metode perawatan yang bisa kamu gunakan. Mulai dari membersihkan wajah secara rutin, perawatan menggunakan produk non-komedogenik hingga mengaplikasikan scrub. Perawatan menggunakan scrub bisa kamu buat sendiri lho di rumah.

Seperti yang dilakukan oleh cewek bernama Dehanis. Melalui unggahan video pendek di Instagramnya @dehaanis.hq, ia memanfaatkan tepung beras dan susu segar untuk membersihkan pori-pori.

Jika biasanya tomat kerap digunakan untuk membersihkan pori-pori, Dehanis menggantinya dengan tepung beras. Bahan alami ini juga memiliki kemampuan menyerap minyak yang bisa ditemukan pada tomat.

Dilansir dari healthline.com, Minggu (12/5) tepung beras telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan karena memiliki sifat eksfoliasi yang lembut dan bisa membantu membersihkan pori-pori wajah. Partikel halus tepung beras membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Tepung beras juga memiliki sifat menyerap minyak berlebih pada kulit, sehingga bisa membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi kilap pada wajah.

Kandungan nutrisi pada susu baik untuk kulit.

Bahan lainnya yaitu susu segar mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit, termasuk protein, kalsium, dan vitamin. Susu mengandung asam laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga pori-pori terlihat lebih bersih dan lebih kecil. Kandungan asam laktat dan protein dalam susu juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Susu bantu cerahkan dan lembapkan wajah.

Selain manfaat di atas, susu juga punya berbagai manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Susu mengandung asam lemak dan lipid yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Penggunaan susu sebagai bahan alami untuk perawatan kulit membantu menjaga kulit tetap lembap.

Asam laktat yang terdapat dalam susu merupakan bahan pemutih alami yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan bintik-bintik gelap pada kulit. Dengan begitu, susu bisa membantu mencerahkan kulit dan memberikan tampilan yang lebih sehat.

Adanya protein yang terkandung dalam susu membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga kekencangan dan kehalusan kulit. Oleh karena itu, perawatan wajah menggunakan susu bisa membuat kulit jadi lebih lembut, kencang, dan elastis.

Untuk cara membuat dan menggunakan scrub alami ini, kamu bisa mengikuti triknya sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari akun Instagram @dehanis, Minggu (12/5).

Bahan-bahan:

foto: Instagram/@dehanis.hq

- 1 sendok makan tepung beras
- 1 gelas kecil susu segar

Cara membuat:

foto: Instagram/@dehanis.hq

1. Siapkan mangkuk bersih.
2. Masukkan tepung beras.
3. Tuangkan fresh milk ke dalam wadah tersebut.
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
5. Masker siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@dehanis.hq

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.
2. Oleskan masker pada wajah secara merata.
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit.
4. Bersihkan wajah menggunakan air biasa.
5. Keringkan wajah dengan handuk ataupun tisu bersih.
6. Gunakan masker ini secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by dehanis (@dehanis.hq)