Tanpa treatment di klinik, ini cara bikin masker botoks agar wajah kencang pakai 1 jenis tepung

09 / 06 / 2024 12:00 WIB

Brilio.net - Bertambahnya usia seseorang membawa banyak perubahan, salah satunya kulit yang mulai mengendur. Memasuki usia yang sudah tidak lagi muda membuat kulit kehilangan kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin merupakan jaringan ikat pendukung yang membuat kulit tampak kencang, kenyal, dan awet muda.

Dampak dari kondisi di atas adalah kulit menjadi kendur pada area wajah, leher, dan bagian tubuh lainya. Tak cuma itu, kolagen dan elastin yang berkurang bisa membuat otot wajah lemah. Selain disebabkan oleh penuaan, berkurangnya kolagen dan elastin juga bisa berasal dari paparan sinar matahari. Maka dari itu, kulit yang tak mendapatkan perlindungan, berisiko besar mengalami penuaan.

Lantaran membuat tampilan wajah terlihat lebih tua dan kurang menarik, sejumlah orang mencari cara mengencangkan kulit wajah. Saat ini treatment yang mungkin digunakan sejumlah orang adalah melakukan perawatan di klinik kecantikan. Pasalnya, treatment di klinik kecantikan hasilnya lebih cepat terlihat. Namun kekurangannya yaitu harganya yang dibanderol cukup mahal.

Nah, sebagai solusinya kamu bisa membuat masker yang efeknya bak treatment botoks. Langkah perawatan ini ditunjukkan salah satu beauty vlogger dengan akun Instagram @beauty.and.diy06. Dalam unggahan reelsnya, ia memanfaatkan flaxseed atau biji rami dan tepung beras. Walaupun dari bahan-bahan alami, biji rami dan tepung beras bisa bikin wajah kencang.

Nah, penasaran dengan cara membuat dan menggunakannya? Yuk Simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @beauty.and.diy06, Minggu (9/6).

Bahan:

foto: Instagram/@beauty.and.diy06

- 1 gelas air putih
- 2 sendok makan flaxseed atau biji rami
- 2 sendok makan tepung beras.

Cara membuat:

foto: Instagram/@beauty.and.diy06

1. Siapkan wajan bersih
2. Tuangkan air putih ke dalam wajan dan panaskan
3. Masukkan biji rami
4. Tambahkan tepung beras
5. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Masak hingga mendidih
7. Angkat dan tuangkan ke dalam wadah baru.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@beauty.and.diy06

1. Setelah masker dingin, aplikasikan pada wajah secara merata
2. Tunggu selama 15-20 menit
3. Pijat-pijat wajah secara perlahan dan barulah dibilas
4. Gunakan masker ini secara rutin setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu.

Manfaat biji rami dan tepung beras untuk cegah penuaan

Biji rami atau flaxseed dan tepung beras memang biasa digunakan untuk merawat wajah. Pasalnya, kedua bahan ini punya kandungannya yang bagus untuk melawan penuaan. Seperti halnya biji rami yang punya kandungan omega-3 untuk mengatasi jerawat, eczema, dan psoriasis.

Melansir dari nyumi.com, adanya kandungan omega-3 pada biji rami mampu melembapkan, menghidrasi kulit dengan baik, dan bikin kulit kenyal. Selain itu, biji rami dipercaya mampu meningkatkan kolagen pada kulit. Tak heran jika biji rami mampu membuat kulit kencang kembali.

Tak hanya itu, kandungan vitamin E dalam biji rami juga bertindak sebagai booster kolagen. Sementara itu, tepung beras dipercaya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Adanya ferulic acid, antioksidan, antiinflamasi, dan antibakterial mampu mengatasi hiperpigmentasi dan menghilangkan jerawat. Oleh karena itu, tepung beras bisa bikin wajah jadi glowing.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shraddha Mohan Patil (@beauty.and.diy06)