Tanpa treatment face lift, YouTuber rawat wajahnya agar bebas kerutan ini cuma pakai 1 bahan makanan

16 / 05 / 2024 21:10 WIB

Brilio.net - Setiap orang pastinya ingin punya wajah yang tetap awet muda dan tak mengalami perubahan sama sekali saat menua. Sayangnya hal tersebut mungkin hanya menjadi angan-angan saja bagi sejumlah orang, apalagi jika semasa muda kurang memperhatikan kesehatan dan kecantikan kulit. Kurangnya perawatan membuat kulit kurang terhidrasi dan cenderung lebih cepat mengalami kerutan.

Bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan juga berkurang. Kulit yang kering lebih rentan terhadap kerusakan dan kerutan. Selain kurangnya perawatan, kerutan pada wajah bisa muncul karena penurunan produksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin adalah dua protein penting yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin di kulit menurun yang menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya, sehingga lebih mudah terbentuk kerutan. Faktor lainnya berasal dari penipisan lapisan kulit. Perlu kamu ketahui kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan, termasuk epidermis (lapisan luar), dan dermis (lapisan dalam).

Usia yang semakin bertambah membuat lapisan epidermis menjadi lebih tipis dan kering. Nah, penipisan ini membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan dan memudahkan terbentuknya kerutan. Walaupun kerutan berasal dari faktor yang berkaitan dengan kebiasan sehari dan penuaan, kamu tak perlu khawatir. Munculnya kerutan di wajah ini bisa kamu cegah dengan melakukan perawatan secara rutin.

Jika biasanya sejumlah orang mengandalkan treatment face lift, kini ada perawatan yang lebih ramah kantong, yakni memakai krim dari bahan alami. Nah, pembuatan krim ini ditunjukkan oleh YouTuber dengan kanal YouTube @Naturalbeautysecrets. Dalam unggahan video yang berdurasi 8 menit 12 detik tersebut, pemilik kanal YouTube memanfaatkan beras, susu, dan minyak zaitun.

Beras tidak hanya digunakan sebagai makanan pokok saja, namun sumber karbohidrat ini juga punya kegunaan lain bagi kecantikan kulit, salah satunya menghilangkan kerutan. Pasalnya, dalam beras mengandung banyak antioksidan, seperti ferulic acid yang membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Air beras sering digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi dan membantu meratakan warna kulit. Sementara itu, komponen dalam beras seperti allantoin memiliki sifat antiinflamasi yang membantu menenangkan kulit dan mengurangi iritasi.

Manfaat susu dan minyak zaitun untuk hilangkan kerutan

Susu murni memang sudah dikenal sebagai bahan perawatan kulit yang efektif. Pasalnya, susu murni ini mengandung asam laktat yang berguna sebagai eksfoliasi alami. Asam laktat membantu mengangkat sel kulit mati, merangsang regenerasi sel, dan membuat kulit tampak lebih halus. Susu kaya lemak dan protein yang membantu melembapkan kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal, sehingga mengurangi tampilan kerutan.

Dilansir dari healthline.com, susu mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, D, dan E yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin-vitamin tersebut membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Susu memiliki sifat menenangkan untuk membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit, sehingga cocok untuk kulit sensitif.

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Di sisi lain minyak zaitun kaya akan asam lemak esensial yang membantu menjaga kelembapan dan memperkuat lapisan pelindung kulit, sehingga wajah tetap lembut dan elastis.

Kombinasi semua bahan tesrsebut mampu mengatasi masalah kerutan pada wajah. Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba, yuk simak tutorial di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @Naturalbeautysecrets, Kamis (16/5).

Bahan:

foto: YouTube/@Naturalbeautysecrets

- 2 sendok makan beras
- 1 gelas air putih
- 2 sendok makan susu
- 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

foto: YouTube/@Naturalbeautysecrets

1. Siapkan panci berisi
2. Masukkan beras ke dalam panci
3. Tuangkan air putih secukupnya
4. Masak dengan api kecil hingga matang
5. Sebelum diangkat aduk-aduk terlebih dahulu
6. Buang airnya dan sisakan sedikit saja
7. Haluskan menggunakan blender
8. Jika teksturnya sudah berubah seperti krim, masukkan ke dalam mangkuk dan saring
9. Tuangkan susu murni, minyak zaitun, dan minyak kelapa
10. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata
11. Simpan di dalam jar skincare dan tutup rapat agar krim bisa bertahan selama tujuh hari
12. Krim siap diaplikasikan pada wajah.

Cara menggunakannya:

foto: YouTube/@Naturalbeautysecrets

1. Pastikan wajah bersih terlebih dahulu
2. Oleskan krim pada wajah secara merata
3. Tunggu selama 15 menit hingga meresap
4. Cuci wajah menggunakan air hangat terlebih dahulu
5. Lanjutkan dengan membilas wajah menggunakan air dingin
6. Gunakan perawatan ini secara rutin setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu.