Tanpa treatment whitening, pria ini bagikan cara hilangkan karang gigi menghitam dengan 1 bahan dapur

28 / 05 / 2024 14:10 WIB

Brilio.net - Karang gigi merupakan endapan keras yang terbentuk di permukaan gigi akibat penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan, bakteri, dan zat-zat lain yang ada di dalam mulut. Jika plak tidak dibersihkan dengan baik melalui sikat gigi dan flossing, kondisi tersebut akan mengalami mineralisasi. Mineral dari air liur, seperti kalsium dan fosfat bisa mengeras pada plak lalu terbentuk karang gigi. Proses ini bisa terjadi dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah plak terbentuk.

Karang gigi menghitam bukan hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga memberikan dampak negatif pada kesehatan mulut. Mulai dari penyakit gusi, bau mulut, dan karies gigi. Ada berbagai cara menghilangkan karang gigi, seperti scaling dan treatment whitening di klinik gigi. Selain cara di atas, kamu juga bisa menghilangkan karang gigi menghitam dengan trik yang lebih ramah di kantong.

Kamu bisa mengikuti trik yang dibagikan seorang pria bernama Andri lewat unggahan di kanal YouTube Andri Firgiawan. Pria tersebut tampak mengkombinasikan pasta gigi dengan baking soda untuk menghilangkan plak gigi. Kombinasi ini diklaim bisa menghilangkan karang gigi menghitam dengan sifat abrasif yang dimilikinya. Meski begitu, bahan ini tidak akan merusak enamel. Selain itu, kombinasi ini dipercaya lebih efektif dibandingkan menggunakan pasta gigi saja.

Bahan dapur ini diklaim bisa mengurangi plak yang berasal dari sisa makanan dan bakteri. Cara mengurangi plak ini dengan mengikisnya secara lembut dari permukaan gigi. Baking soda memiliki sifat alkali yang dapat menetralkan asam, sehingga membantu menjaga lingkungan mulut menjadi lebih seimbang dan mengurangi risiko pembentukan plak dan karang gigi.

Melansir dari healthline.com, Selasa (28/5) baking soda juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut. Oleh karena itu, baking soda mengurangi jumlah bakteri yang mengurangi pembentukan plak dan karang gigi serta mengurangi risiko penyakit gusi.

Baking soda bisa atasi bau mulut.

Sifat alkali dalam baking soda membantu menetralkan pH dalam mulut yang terlalu asam. Kondisi mulut yang terlalu asam cenderung mendukung pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Sementara itu, sifat antimikroba pada baking soda bantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Punya sifat abrasif yang lembut membuat baking soda bisa menghilangkan bakteri. Walaupun punya banyak manfaat bagi kesehatan mulut dan gigi, penggunaan baking soda tidak boleh terlalu sering untuk menghindari over abrasif yang ditimbulkan dari penggunannya.

Dengan menggunakan kombinasi pasta gigi dan baking soda gigi jadi lebih putih. Tertarik menggunakan trik di atas? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @Andrifirgiawan, Selasa (28/5).

foto: YouTube/Andri firgiawan

Bahan:
- 1 sendok makan baking soda
- 2 sendok makan air putih
- 1 sendok makan pasta gigi.

foto: YouTube/Andri firgiawan

Cara membuat:

1. Masukkan baking soda ke dalam mangkuk bersih
2. Tuangkan air putih
3. Tambahkan pasta gigi
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Ramuan pasta gigi siap kamu gunakan.

foto: YouTube/Andri firgiawan

Cara menggunakan:

1. Masukkan sikat gigi yang biasa kamu gunakan ke dalam mangkuk
2. Ambil bahan kombinasi pasta gigi secukupnya
3. Gunakan untuk menyikat gigi kamu
4. Lakukan selama satu menit
5. Dengan menggunakan cara tersebut karang gigi menghitam bisa rontok dan gigi kembali putih.