Terlihat sama tapi fungsi berbeda, ini perbedaan chemical dan physical sunscreen menurut dokter kulit

13 / 06 / 2024 21:10 WIB

Brilio.net - Melindungi kulit dari paparan sinar matahari merupakan kunci agar wajah sehat dan tak mengalami penuaan dini. Punya kegunaan yang penting bagi kulit, membuat kamu wajib memakai sunscreen sebelum keluar rumah. Banyak kalangan yang mulai sadar menjaga kecantikan kulit membuat mereka kini melirik menggunakan produk perlindungan kulit satu ini.

Namun sebelum memilih produk sunscreen, tahukah kamu bahwa sunscreen ini punya beberapa jenis? Ada dua jenis sunscreen yaitu chemical dan physical sunscreen. Melansir briliobeauty.net dari healhline, Kamis (13/6) sunscreen punya fungsi yang sama namun punya cara kerja yang berbeda. Hal inilah yang terkadang membuat orang awam salah menggunakan produk.

Untuk memperjelas apa itu chemical dan physical sunscreen, kamu bisa menyimak perbedaan yang dibagikan oleh seorang dokter kecantikan yaitu dr.Kamila Jaidi, MARS, AAAM.

foto: TikTok/@kamilajaidi

Lewat unggahan di akun TikToknya @kamilajaidi, menurut dr.Kamila chemical sunscreen bekerja seperti spons yang akan menyerap panas dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini nantinya memantulkan kembali sinar UV. Biasanya kandungan chemical sunscreen adalah oxybenzone, octisalate, avobenzone, dan octocrylene.

"Bagi kamu yang punya kulit sensitif gampang kemerahan tidak dianjurkan menggunakan si chemical sunscreen. Makanya yang kulitnya kemerahan sensitif lebih dianjurkan menggunakan physical," jelasnya.

Sementara itu, cara kerja physical sunscreen memantulkan sinar UV. Maka dari itu, physical sunscreen ini jauh lebih aman bagi kamu yang punya kulit sensitif. Pasalnya kandungan pada physical sunscreen ini terdiri dari titanium dioxide dan zinc oxide.

foto: TikTok/@kamilajaidi

Walaupun physical sunscreen ini banyak manfaatnya, dibalik itu ada kekurang dari physical sunscreen yaitu meninggalkan white cast. Nah, jika kamu punya kulit gelap, maka jejak putih ini bisa terlihat dengan jelas.

"Jadi semua itu ada plus minusnya tinggal kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kulit kalian ya," imbuh Dokter Kamila.

Cara menggunakan sunscreen agar proteksinya maksimal.

Cara kerja sunscreen bisa berjalan dengan maksimal jika kamu menggunakannya dengan benar. Nah, agar mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF 30 dan PA+ yang semakin tinggi.
2. Gunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamui
3. Gunakan sebanyak dua ruas jadi
4. Re-apply sunscreen setiap dua jam sekali.