Trik agar jerawat batal meradang pakai facewash dari 1 jenis daun, bikin kulit jadi adem

4 Agustus 2023 06:01 WIB

Brilio.net - Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami banyak orang, terutama pada masa remaja. Jerawat sendiri terbentuk akibat penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Ketika penyumbatan itu terjadi, maka kulit pun akan terinfeksi bakteri propionibacterium acnes berkembang biak secara cepat dalam kondisi tertutup.

Tidak hanya menjadi jerawat, kulit pun akan merespon dengan melepaskan zat-zat kimia pro-inflamasi, seperti prostaglandin dan leukotrien. Akibatnya, jerawat pun akan meradang dengan menjadi membengkak kemerahan dan cenderung menyakitkan. Apabila tidak ditangani dengan baik, peradangan jerawat dapat mengakibatkan berbagai konsekuensi negatif lainnya bagi kesehatan kulit.

Salah satunya adalah risiko berkembangnya jerawat menjadi luka yang meninggalkan bekas. Pasalnya, peradangan yang terus berlanjut dapat merusak dinding folikel kulit yang mengelilingi pori-pori. Jika folikel pecah, hal ini akan berujung pada kerusakan jaringan yang lebih luas dan menyebabkan terbentuknya luka yang dalam. Nah, jenis luka seperti ini sendiri sangat susah dihilangkan, lho.

Jika kamu menghadapi masalah yang menyusahkan ini, kamu nggak perlu bingung. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan banyak bahan alami yang memiliki khasiat ampuh dalam meredam peradangan jerawat. Salah satunya caranya cukup dengan menggunakan daun neem bersama aloe vera, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (4/8) dari @get_beauty_glow_everyday di Instagram.

foto: freepik.com

Daun neem sejatinya memiliki banyak khasiat ampuh karena sifat antibakteri, antiviral, dan anti-inflamasi di dalamnya. Kandungan utama dalam daun neem adalah triterpenoid, flavonoid, dan asam lemak esensial yang memiliki sifat anti-inflamasi kuat. Hal ini berarti bahwa daun neem efektif dalam meminimalisir kemerahan dan bengkak pada jerawat serta membunuh bakteri jerawat itu sendiri. Selain itu, daun neem juga dapat mengurangi risiko infeksi pada kulit yang sudah terkena jerawat.

foto: freepik.com

Gel lidah buaya sendiri telah lama dikenal karena kemampuannya dalam mengatasi peradangan dan menyembuhkan luka. Gabungan senyawa seperti polisakarida, asam amino, enzim, dan vitamin C yang terdapat pada aloe vera bekerjasama dalam mempercepat proses penyembuhan kulit.

Selain itu, aloe vera juga membantu menenangkan rasa sakit yang mungkin muncul pada jerawat yang bengkak dan merah. Selain itu, sifat antibakteri dan antioksidan dalam aloe vera juga bagus dalam melawan infeksi dan mencegah penyebaran jerawat lebih lanjut. Untuk menggunakan kedua bahan di atas, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah simpel di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. Daun neem secukupnya
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. Botol spray kosong

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@get_beauty_glow_everyday

1. Ambil beberapa helai daun neem dan pisahkan dari tangkainya.
2. Haluskanlah daun neem menggunakan blender dengan sedikit air bersih.
3. Bila dirasa cukup, saringlah airnya ke dalam sebuah wadah kecil.
4. Tambahkan 1 sendok makan aloe vera ke dalam wadah tersebut.
5. Aduk seluruh bahan tadi hingga tercampur rata.
6. Pindahkan ke sebuah botol spray yang telah dibersihkan sebelumnya.
7. Aplikasikan ke seluruh wajah layaknya facewash, lalu gosok dengan lembut.
8. Bersihkan dengan air setelah beberapa saat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Get beauty Glow everyday (@get_beauty_glow_everyday)

(brl/mal)