Trik atasi bau ketiak yang menempel di baju pakai 2 bahan dapur

1 Agustus 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Bau ketiak adalah salah satu masalah yang sering kali dianggap sepele namun dapat memengaruhi kenyamanan dan kepercayaan diri seseorang. Penyebab utama bau ketiak adalah kelenjar keringat manusia yang terletak di bawah lapisan kulit. Ketika keringat diproduksi, bakteri yang biasa ada di permukaan kulit akan mulai memecah keringat tersebut menjadi asam lemak, yang kemudian menghasilkan aroma yang tidak sedap.

Ketiak yang lembap atau terlalu tertutup sering kali menjadi lingkungan ideal bagi bakteri untuk berkembang biak, meningkatkan intensitas bau yang dirasakan. Untuk mengatasi masalah bau ketiak, perawatan pribadi yang teratur dan tepat sangatlah penting. Mandi secara rutin dengan menggunakan sabun antibakteri dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan bau.

Selain itu, penggunaan antiperspiran atau deodoran yang mengandung zat aktif seperti aluminium klorohidrat atau triklosan dapat membantu mengendalikan produksi keringat dan mengurangi bau yang tidak diinginkan. Pilihan pakaian yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, seperti katun atau serat alami lainnya, juga dapat membantu menjaga kebersihan ketiak.

Meski begitu, bau ketiak yang cukup menyengat terkadang masih menempel di baju yang dikenakan. Tak jarang, bau asamnya masih menempel walau sudah dicuci. Jika kamu mengalaminya, tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @scent.mark, yang memakai cuka dan soda kue untuk membuat semprotan penghilang bau ketiak yang menempel di baju.

foto: TikTok/@scent.mark

"Pernah kan lupa nyuci baju, pas dicuci kok bau keteknya masih semerbak? Cobain tips ini deh, dijamin bau ketek & keringat cepat hilang!" tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @scent.mark, Kamis (1/8).

Usai mengetahui bahan-bahan yang digunakan, yuk, simak cara membuatnya yang tak sampai 5 menit berikut ini.

Bahan:

- 2 gelas air
- 1 sendok makan cuka
- 1 sendok makan soda kue

foto: TikTok/@scent.mark

Cara membuat dan memakai:

1. Tuangkan air pada botol spray
2. Tambahkan cuka dan soda kue
3. Kocok-kocok hingga tercampur dan soda kue larut
4. Semprotkan pada baju atau kaos di bagian ketiak sebelum dicuci
5. Pastikan semua area sudah disemprot dengan cairan ini
6. Lanjutkan dengan mencuci semua baju dan kaos lalu jemur sampai kering
7. Kamu akan mendapatkan baju dan kaos yang bebas bau asam ketiak.

foto: TikTok/@scent.mark

Manfaat cuka untuk menghilangkan bau asam ketiak pada baju.

Cuka adalah solusi efektif untuk menghilangkan bau asam ketiak pada pakaian karena sifat-sifat khususnya yang dapat mengatasi bakteri penyebab bau. Pasalnya, bahan dapur ini mengandung asam asetat, yang dapat menurunkan pH area ketiak, sehingga efektif mengurangi populasi bakteri yang menyebabkan bau.

Selain itu, asam asetat dalam cuka juga berfungsi sebagai agen penghilang bau yang efektif. Asam ini dapat menetralisir dan mengikat molekul bau yang telah terbentuk, sehingga mengurangi atau menghilangkan bau asam yang tidak sedap pada pakaian.

Soda kue efektif menghilangkan bau ketiak yang menempel di baju.

Dengan kombinasi sifat penyerap bau, kemampuan untuk menyeimbangkan pH, dan sifat antibakteri ringan, baking soda merupakan alternatif yang efektif dan terjangkau untuk mengatasi bau asam ketiak pada pakaian. Meskipun perlu beberapa aplikasi untuk bau yang sangat kuat, baking soda adalah solusi yang ramah lingkungan dan mudah didapatkan untuk menjaga pakaian tetap segar dan bebas bau asam ketiak.

(brl/far)