Trik atasi flek hitam membandel pakai masker dari 1 jenis daun ini bikin kulit tampak cerah alami

22 November 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Memiliki masalah flek hitam di wajah cukup membuat sejumlah orang resah dan kurang percaya diri. Penyebabnya adalah permasalahan kulit satu ini membuat wajah jadi tidak mulus dan tampak kusam. Bahkan warna kulit jadi tidak merata sehingga dapat mengganggu penampilan. Memang sih, flek hitam bisa ditutupi dengan penggunaan makeup, namun tetap saja banyak orang yang terganggu dengan adanya flek hitam di wajah.

Adanya flek hitam ini muncul karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Paling sering adalah karena paparan sinar matahari. Faktor ini secara langsung dapat merangsang produksi melanin pada kulit sehingga menyebabkan noda hitam.

Sebenarnya munculnya flek hitam bisa diminimalisir dengan penggunaan tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Pasalnya, jika kulit secara langsung terpapar sinar matahari terlalu lama dan sering, akan memicu produksi melanin yang berlebih. Ini sebenarnya reaksi alami guna melindungi kulit dari efek buruk dari sinar UV matahari. Kondisi ini juga kerap disebut dengan hiperpigmentasi.

Selain itu, terdapat faktor lain yang perlu kamu ketahui seperti penuaan, peradangan, perubahan hormonal, dan alergi. Namun jangan khawatir, apapun faktor munculnya flek hitam, masalah kulit ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara.

foto: YouTube/@Hamzah Leko

Salah satunya adalah dengan menggunakan masker dari satu jenis daun yaitu bidara. Masker wajah daun bidara memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan kulit yaitu melembapkan, mencegah penuaan dini, mencerahkan, mengatasi jerawat, dan mengatasi peradangan.

Daun bidara mampu mencerahkan kulit karena kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Kedua kandungan ini akan melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit, sehingga kulit menjadi semakin cerah.

Tak hanya daun bidara, masker alami ini juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun. Ini berkat kandungan vitamin E dalam minyak zaitun yang dipercaya ampuh dalam menyamarkan noda dan flek hitam, yang sering kali muncul di wajah seiring bertambahnya usia atau karena kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Kamu tertarik menggunakan masker ini? Yuk, ikuti step by step yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube @Hamzah Leko seperti dilansir briliobeauty.net, Rabu (22/11).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/@Hamzah Leko

1. Daun bidara secukupnya
2. Minyak zaitun

Cara membuat:

foto: YouTube/@Hamzah Leko

1. Cuci bersih daun bidara terlebih dahulu.
2. Tumbuk daun bidara hingga memiliki tekstur halus.
3. Tuangkan minyak zaitun ke dalam mangkuk secukupnya.
4. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata.
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih.
6. Diamkan kurang lebih 15 menit.
7. Bilas wajah dengan air bersih.

Agar flek hitam pada wajah cepat cerah kembali, kamu bisa memakai masker daun bidara ini tiga kali dalam seminggu. Sementara itu, unggahan video ini menarik perhatian hingga ditonton sebanyak 2,2 ribu pengguna YouTube.


(brl/jad)