Trik mengecilkan pori-pori wajah ini cuma butuh 1 bumbu masakan, bantu atasi minyak berlebih

26 Juni 2023 09:02 WIB

Brilio.net - Pori-pori di kulit wajah merupakan hal yang lumrah dan pasti dimiliki oleh semua orang. Ada orang yang memiliki pori-pori besar dan tampak jelas di wajah. Namun sebaliknya, ada pula yang kulit wajahnya terlihat halus dan mulus sampai seakan-akan tak berpori. Pada dasarnya, pori-pori memiliki fungsi penting untuk mengeluarkan sebum yang dapat menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan sehat. Tapi pori-pori yang membesar akan mengakibatkan kulit terlihat bertekstur dan meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Selain itu, produksi sebum yang berlebihan juga dapat menyumbat dan menyebabkan pori-pori membesar, sehingga kulit wajah terlihat kusam dan mudah berjerawat. Pori-pori wajah yang terlihat jelas bisa sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri.

Secara mendasar, ukuran pori-pori seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika orang tua dan keluarga besarmu banyak yang memiliki pori-pori besar dan jelas terlihat, maka kemungkinan kamu juga memilikinya. Nah, bagi kamu yang memiliki pori-pori besar tidak perlu berkecil hati. Walau ukuran asli pori-pori tidak dapat dikecilkan, tapi tampilan pori-pori dapat disamarkan sehingga tidak mencuri perhatian orang lain.

Ada berbagai cara untuk mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus. Beberapa orang bahkan tak segan untuk melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan. Padahal, mengecilkan ukuran pori-pori bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan cara yang tepat.

Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @wawan1434. Melalui video dengan durasi 59 detik itu, pemilik akun memberikan trik mengecilkan pori-pori wajah hanya dengan 1 bumbu masakan. Bahan masakan yang digunakan adalah serai.

"Bersihkan wajah dari flek hitam dan kecilkan pori-pori pada kulit wajah kita cukup dengan satu bahan ini saja," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @wawan1434, Senin (26/6).

foto: freepik.com

Tanaman ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Serai atau sereh termasuk tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang manfaatnya sudah terkenal sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Serai memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan dan kecantikan.

Serai dikemas dalam kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potassium, kalsium, dan mangan. Berkat kandungan tersebut, serai bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pori-pori besar di wajah.

Melansir dari Marieclarie, serai memiliki kandungan vitamin A dan C. Kedua vitamin ini dikenal sangat bagus untuk kulit. Hasilnya, kulit wajah bisa menjadi lebih bercahaya. Selain itu, serai juga memiliki sifat astringen. Kandungan inilah yang akan bantu mengecilkan pori-pori. Kandungan tersebut juga bisa menjaga kadar minyak di kulit wajah supaya lebih seimbang dan tidak berlebihan.

Nah, dengan 1 bahan tersebut, kamu bisa membuat toner wajah untuk membantu membersihkan wajah, mencegah wajah kusam, minyak berlebih, hingga mengecilkan pori-pori. Berikut cara membuatnya.

foto: TikTok/@wawan1434

Bahan:

1. 2 batang serai segar.
2. 1 gelas air.

Cara membuat:

foto: TikTok/@wawan1434

1. Cuci serai hingga benar-benar bersih.
2. Tumbuk batang serai hingga aromanya muncul.
3. Masukkan air dalam panci lalu tambahkan serai yang sudah ditumbuk.
4. Rebus serai hingga mendidih dan air berubah jadi kekuningan.
5. Matikan kompor lalu tuangkan air rebusan serai pada mangkuk.
6. Tunggu hingga dingin.
7. Ambil kapas lalu celupkan pada toner serai buatanmu.
8. Aplikasikan pada wajah dengan mengusapnya secara perlahan dan lembut.
9. Lakukan hingga ke seluruh wajah.
10. Gunakan toner ini secara rutin setiap sebelum tidur lalu bilas saat pagi harinya.

(brl/jad)