Trik pudarkan bintik hitam pada wajah cuma pakai masker dari 1 jenis daun, bikin kulit auto glowing

20 Januari 2024 16:00 WIB

Brilio.net - Seperti yang diketahui bahwa ada berbagai permasalahan kulit wajah yang cukup meresahkan dan mengganggu penampilan. Selain jerawat, ada masalah lain yang juga dapat membuat wajah jadi tak mulus, seperti bintik atau flek hitam. Masalah kulit ini umumnya muncul karena faktor penuaan kulit. Tak heran kondisi ini paling banyak dialami oleh orang berusia 30 tahun ke atas.

Selain faktor tersebut, terdapat pengaruh lainnya yaitu perubahan hormon, paparan sinar matahari, kondisi medis tertentu, gaya hidup yang tidak sehat, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, dan memencet jerawat yang bisa meninggalkan bekas hitam. Paparan sinar matahari yang berlebih akan memicu produksi melanin yang berlebih.

Produksi melanin berlebih itulah yang menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam kecokelatan di permukaan kulit. Kondisi ini juga disebut dengan hiperpigmentasi. Selain bikin wajah kurang mulus, bintik hitam di wajah juga membuat wajah jadi kusam dan memiliki warna tidak merata. Untuk mencegah dan menghilangkan bintik hitam ini diperlukan perawatan kulit.

Kamu bisa rutin membersihkan wajah, menghindari penggunaan produk dengan bahan dasar minyak, dan menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol atau salisilat. Selain cara-cara tersebut, kamu bisa melakukan treatment dengan menggunakan masker. Selain membeli masker di pasaran, masker wajah ini juga bisa dibuat sendiri.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis dedaunan, salah satunya dengan daun pandan. Daun satu ini tidak hanya digunakan untuk bahan makan saja, tapi bisa digunakan untuk perawatan wajah karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Untuk itu, kamu bisa menggunakannya dalam bentuk masker wajah.

foto: freepik.com

Seperti yang dilansir dari Dr Health Benefits, kandungan polifenol pada daun pandan bersifat antioksidan, sehingga dapat menghilangkan flek di wajah akibat sengatan sinar matahari. Dengan pemakaian yang rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang lebih mulus, warna kulit lebih merata, dan glowing alami.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Mrs. Farida, dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (20/1).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/Mrs. Farida

1. 3 lembar daun pandan
2. Mangkuk bersih

Cara membuatnya:

foto: YouTube/Mrs. Farida

1. Potong daun pandan dengan ukuran kecil-kecil
2. Tambahkan dua sendok makan air putih
3. Haluskan dengan menggunakan blender ataupun ditumbuk
4. Aplikasikan masker tersebut secara merata pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan
5. Diamkan kurang lebih 30 menit
6. Lalu, bersihkan dengan menggunakan air biasa.

Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan masker dari daun pandan ini kurang lebih dua hingga tiga kali dalam seminggu. Sementara itu, unggahan video tersebut ditonton hingga dua ribu dan 87 like dari pengguna YouTube.

(brl/mal)