Trik simpel pudarkan kulit badan belang pakai 1 jenis tepung, auto cerah merata

30 Juli 2023 21:00 WIB

Brilio.net - Setelah beraktivitas seharian, tentunya kamu sering merasa badan kamu terkesan bau dan kotor, selain capek. Hal ini tentunya tidak mengherankan mengingat kulit badan memang rentan terpapar oleh berbagai polusi dan kotoran dari lingkungan sekitar. Meskipun tidak terlihat, namun akumulasi kotoran tersebut dapat menyebabkan banyak masalah kulit. Salah satunya kulit menjadi belang dan tampak kusam.

Sebagaimana namanya, kulit belang adalah kondisi ketika bagian tertentu pada kulit menjadi lebih gelap dari warna kulit sekitarnya sehingga kehilangan kilau alaminya. Munculnya kondisi kulit belang ini umumnya terpicu karena beberapa faktor. Mulai dari penumpukan kotoran pada kulit dan paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan partikel kotoran dan sel kulit mati dapat menempel dengan mudah pada permukaan kulit ketika seseorang beraktivitas. Apalagi ditambah dengan paparan sinar matahari yang menstimulasi produksi melanin berlebih pada kulit. Proses yang berulang setiap hari ini tidak ayal kemudian mempengaruhi munculnya kondisi kulit belang dan kusam.

Untuk mengatasi hal ini terkadang membasuh badan dengan sabun saat mandi saja tidaklah cukup lho. Kamu memerlukan suatu produk dengan kandungan dari bahan tertentu yang lebih kuat, seperti dengan menggunakan scrub. Berkaitan dengan hal itu kamu bisa membuat scrub sekaligus masker ini sendiri dengan beberapa bahan alami saja lho. Salah satu metode pembuatannya dibagikan di Instagram oleh @beauty_aiishha77 yang menggunakan tepung gram, yoghurt, dan bubuk kopi, dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (29/7)

foto: freepik.com

Tepung gram adalah tepung yang terbuat dari kacang kedelai yang telah dihaluskan. Kandungan nutrisi dalam tepung gram meliputi vitamin C, seng, dan protein. Melalui komponen tersebut, tepung gram memiliki khasiat mencerahkan kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih yang acap muncul ketika beraktivitas padat. Selain itu, sifat eksfoliasi ringan dari tepung gram membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat menjadi lebih segar.

foto: freepik.com

Yoghurt sendiri adalah makanan yang kaya akan kandungan asam laktat, kalsium, vitamin B, dan probiotik. Asam laktat berperan sebagai agen pelembap alami dan membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit sehingga dapat mencerahkan warna kulit yang belang. Probiotik dalam yoghurt juga berperan dalam menjaga keseimbangan mikroflora pada kulit, yang dalam prosesnya dapat mengurangi risiko radang dan iritasi pada kulit.

foto: freepik.com

Di sisi lain, bubuk kopi mengandung antioksidan dan kafein yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Dengan meningkatkan sirkulasi, nutrisi dan oksigen lebih mudah mencapai sel-sel kulit, sehingga membantu regenerasi sel kulit yang baru dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Dalam prosesnya, kulit pun secara perlahan akan kembali cerah dan merata warnanya.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan sebagai scrub sekaligus masker dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 Sendok makan tepung gram
2. 2 Sendok makan yogurt
3. 2 Sendok makan bubuk kopi
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@beauty_aiishha77

1. Masukkan 2 sendok tepung gram ke dalam wadah kecil.
2. Lanjutkan dengan menuangkan sekitar 2 sendok makan yoghurt.
3. Tambahkan 2 sendok makan bubuk kopi setelahnya.
4. Aduk rata seluruh bahan di atas.
5. Aplikasikanlah ke area seluruh area kulit badan (dan wajah, jika perlu) secara merata sembari digosok selama beberapa menit.
6. Diamkan selama 15-20 menit.
7. Bilas dengan air bersih bila waktu habis dan lanjutkan dengan pemakaian pelembap.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ayesha (@beauty_aiishha77)



(brl/far)