Uji ketahanan Marina Extra SPF 30 & Marina Sunblock yang dibanderol Rp 15 ribuan, mana lebih ampuh?

17 / 06 / 2024 05:00 WIB

Brilio.net - Tabir surya menjadi salah satu produk skincare yang sangat penting bagi sebagian orang. Pasalnya, produk ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tabir surya akan bekerja dengan cara menyerap atau memantulkan sinar ultraviolet UVA dan UVB matahari.

Umumnya tabir surya tersedia dalam bentuk losion, gel, krim, stik, cairan semprot, dan bedak. Pemakaian skincare ini secara rutin dapat mencegah kulit terbakar, memperlambat penuaan dini, hingga menurunkan risiko kanker kulit.

Berkat manfaatnya yang cukup penting, saat ini sudah banyak produk tabir surya yang beredar di pasaran. Baik yang ber-SPF rendah hingga tinggi, berharga murah sampai mahal, serta klaimnya yang beraneka ragam.

Seperti salah satu merek lokal Marina yang memiliki produk tabir surya dengan harga ramah di kantong, namun kualitasnya tak main-main. Produk tabir surya yang dimaksud adalah Marina UV White Extra SPF 30 dan Marina UV White Sunblock, yang keduanya dibanderol Rp 15 ribuan saja.

Sejalan dengan hal itu, beauty enthusiast lewat akun TikTok-nya mencoba menguji ketahanan kedua produk dari merek legendaris tersebut. Kira-kira mana yang lebih ampuh melindungi kulit?

"Tes UV camera body sunscreen termurah!!!" tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ema.ervita, Minggu (16/6).

foto: TikTok/@ema.ervita

Sebelum menguji ketahanan kedua produk tabir surya tersebut, pemilik akun yang diketahui bernama Ema itu membandingkan tekstur kedua produk terlebih dahulu. Menurut Ema, kedua tabir surya tersebut memiliki tekstur yang berbeda. Marina Extra SPF 30 memiliki tekstur yang halus dan lebih hydrating, sementara Marina Sunblock bertekstur lebih oklusif dan oily.

Setelah itu, Ema mencoba membandingkan coverage keduanya menggunakan UV camera. Marina Sunblock dengan losion yang cukup pekat, terasa agak oily dan oklusif. Meski begitu, produk ini cukup mudah diratakan. Bahkan tidak meninggalkan whitecast dan kesan greasy.

foto: TikTok/@ema.ervita

"Coverage UV filternya jangan ditanya, super rata dan super pekat," kata Ema.

Sedangkan untuk Marina UV White Extra SPF 30, memiliki tekstur yang ringan, dapat memberikan kesan lembap dan halus setelah digunakan. Produk ini juga memiliki aroma yang segar seperti aroma buah.

"Buat coveraga UV filternya sih rata dan pekat. Cuma kalau dibandingin dengan yang sunblock jelas lebih pekat yang sunblock. Kedua coverage produk Marina ini juga nggak gampang patchy," lanjut Ema.

Lebih lanjut, Ema mencoba untuk mengetes tingkat ketahanan air kedua produk tabir surya dari Marina tersebut. Ia mencobanya dengan mengguyur air, dan mendapatkan hasil bahwa Marina UV White Extra 30 luntur saat terkena air. Sedangkan Marina sunblock relatif lebih tahan air (ini sesuai dengan klaim-nya).

foto: TikTok/@ema.ervita

Kesimpulannya, kedua produk tabir surya tersebut sama-sama ampuh dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Hanya saja, kamu perlu menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan.

Aktivitas di outdoor yang sering panas-panasan dan berkeringat, lebih baik memilih Marina Sunblock. Sedangkan bagi kamu yang lebih sering berkegiatan di dalam ruangan, bisa memilih Marina UV White Extra SPF 30.

Klaim dan manfaat Marina UV White Exstra SPF 30.

Marina UV White Extra SPF 30 merupakan hand & body lotion dengan kandungan SPF 30 PA++, Acaiberry, Collagen, serta Vitamin B3 & E yang teruji klinis memberikan 2 kali perlindungan ekstra dari paparan sinar UVA atau UVB dan polusi.

Klaim dan manfaat Marina UV White Sunblock.

Marina UV White Sunblock merupakan sunblock dengan kandungan SPF 30 PA++ sebagai UVA dan UVB protection yang memberikan perlindungan optimal terhadap sinar matahari dan melindungi kulit dari proses penggelapan. Formulanya tidak lengket & tahan air sehingga dapat digunakan untuk berolahraga, aktivitas air, dan aktivitas luar ruangan lainnya.