Umur 50 jadi tampak 20 tahun lebih muda, ini cara bikin kulit kencang bebas kendur pakai 1 jenis daun

17 / 05 / 2024 15:45 WIB

Brilio.net - Semua orang mungkin ingin wajahnya tetap awet muda sepanjang waktu. Walaupun sudah memasuki usia 50 tahun, tak jarang banyak orang menginginkan tampilan bak usia 20-an. Seperti diketahui, penuaan pasti terjadi pada semua orang. Saat memasuki fase penuaan, secara keseluruhan kulit mengalami perubahan tak terkecuali wajah.

Pada proses ini tanda penuaan mulai muncul, salah satunya adalah kulit mulai mengendur. Semakin tua usia seseorang, lemak di wajah akan semakin berkurang dan menipis, sehingga jaringan lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti pipi, pelipis, dahi, bibir, termasuk di leher menjadi kendur.

Proses ini juga dapat disebabkan karena produksi elastin dan kolagen dalam tubuh berkurang, sehingga mengakibatkan timbulnya kulit kendur dan tampak berkerut. Selain penuaan, kulit kendur juga bisa dialami oleh orang yang obesitas. Seringkali orang yang menjalani diet ketat secara drastis akan mengalami kulit kendur di sejumlah area tubuh, terutama leher, lengan, perut, dan paha.

Hal tersebut terjadi karena kulit yang awalnya meregang untuk menampung lemak, tidak bisa kembali kencang setelah lemak hilang karena diet. Kulit kendur bisa semakin parah jika pola hidup yang dijalani tidak sehat, seperti jam istirahat yang kurang ataupun merokok. Belum lagi jika tidak rajin menggunakan skincare, proses penuaan akan terjadi lebih cepat.

Pasalnya, kulit wajah yang terpapar faktor eksternal seperti polusi dan paparan sinar matahari berlebih tanpa perlindungan dan perawatan, akan rentan rusak dan regenerasinya akan melambat. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab wajah mudah mengendur. Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Meskipun dengan bahan alami, namun jika digunakan secara rutin, khasiatnya nggak kalah efektif dengan perawatan mahal di klinik kecantikan. Seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @bang.sall90 ini.

Dalam video berdurasi 37 detik yang dibagikan, pemilik akun membagikan cara atasi kulit wajah mengendur pakai daun pegagan. Tak hanya daun pegagan, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

Pegagan atau dalam dunia skincare dikenal dengan centella asiatica adalah tanaman tradisional yang sudah lama digunakan sebagai bahan pembuatan suplemen kesehatan. Daun pegagan kerap digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menangani masalah peradangan. Tanaman pegagan mengandung senyawa seperti saponin triterpenoid yang umum ditemukan pada tanaman obat lainnya. Kandungan inilah yang ternyata memberikan manfaat nyata untuk kesehatan hingga kecantikan.

foto: freepik.com

Fitokimia, terutama saponin triterpenoid dan poliasetilen dalam pegagan diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga mencegah kerusakan kolagen, merangsang proliferasi fibroblas yang dapat memberikan dukungan struktural kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit. Campuran nutrisi super ini memberikan manfaat besar untuk kulit, termasuk sifat antipenuaan yang kuat.

Dilansir dari Medical News Today, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit karena mengandung antimikroba, antibakteri, antioksidan, vitamin B, vitamin C, serta sifat penyembuhan luka. Kandungan tersebut menjadikan madu sebagai bahan alternatif yang menarik bagi beberapa orang untuk mengatasi masalah kulit.

Antioksidan alami yang terkandung di dalam madu akan membantu mengontrol munculnya kerutan serta garis halus pada wajah. Penggunaan madu sebagai bahan masker dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga wajah akan tampak awet muda dan bercahaya. Bahkan madu juga mampu bikin kulit tetap lembap dan kenyal.

Bukan tanpa alasan, sifat madu yang mampu melembapkan kulit ini diklaim ampuh menjaga hidrasi kulit. Dengan begitu kesehatan skin barrier kulit juga akan terjaga. Hal inilah yang juga dapat menjaga jaringan kulit tetap sehat dan tak mudah rusak oleh efek radikal bebas.

Madu mengandung antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan dini. Antioksidan tersebut dapat mempertahankan elastisitas kulit dan mencegah kulit menjadi kendur.

Manfaat lain dari madu untuk kulit.

Sifat antiinflamasi madu bisa mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan antiinflamasi ini dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan yang terkait dengan kulit kendur. Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, sehingga dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi risiko jerawat atau infeksi kulit lainnya yang dapat menyebabkan kulit terlihat mengendur. Kandungan nutrisi dalam madu, seperti vitamin C dan asam amino, dapat membantu merangsang produksi kolagen dan elastin dalam kulit.

Cukup dengan kedua bahan tersebut, kamu bisa membuat masker wajah guna mengatasi wajah kendur agar kembali kencang dan awet muda. Yuk, simak cara pembuatannya, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @bang.sall90 pada Jumat (17/5).

Bahan:

foto: TikTok/@bang.sall90

- 10 lembar daun pegagan
- 1 sendok makan madu

Cara membuat:

foto: TikTok/@bang.sall90

1. Cuci daun pegagan sampai benar-benar bersih dari kotoran.
2. Tumbuk daun pegagan sampai halus.
3. Pindahkan pada wadah lalu tambahkan madu.
4. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
6. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas sampai bersih.
7. Gunakan cara ini secara rutin sehari sekali atau 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.