Usia 50 tampak 30 tahun lebih muda, ini trik hilangkan garis halus di wajah pakai 1 jenis karbohidrat

23 April 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Mendapati wajah yang mulai dipenuhi garis halus di usia 50 tahun, merupakan hal yang mengkhawatirkan bagi sejumlah orang. Memang munculnya garis halus di usia setengah abad menjadi hal yang wajar. Namun bagi mereka yang mempunyai aktivitas bertemu dengan banyak orang, garis halus membuatnya jadi tidak percaya diri.

Tak heran jika trik menghilangkan garis halus di wajah ini banyak dicari. Penyebab munculnya garis halus ini salah satu penyebab utamanya adalah proses penuaan alami yang terjadi seiring berjalannya waktu. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitas dan kekencangannya, sehingga menyebabkan timbulnya garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, paparan sinar matahari berlebihan juga bisa membuat kulit kamu mengalami penuaan dini. Hal ini dikarenakan sinar UV dari matahari dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan munculnya garis halus.

Penuaan dini juga bisa terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti halnya kebiasaan merokok. Perlu diketahui merokok dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, sehingga menyebabkan garis halus dan kerutan muncul lebih cepat. Merokok juga mengurangi aliran darah ke kulit yang mempengaruhi kemampuan kulit untuk memperbaiki diri sendiri.

Sebenarnya, munculnya garis halus ini bisa dicegah dengan menggunakan sunscreen ataupun sunblock saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kebiasaan merokok yang menyebabkan penuaan dini muncul. Jika semua hal tersebut sudah kamu lakukan, imbangi dengan perawatan kulit secara rutin.

Salah satunya dengan memakai krim kolagen yang terbuat dari bahan alami, seperti yang dibagikan seorang beauty vlogger dengan kanal YouTube @khichibeauty. Dalam video yang dibagikan, ia memanfaatkan satu jenis karbohidrat yaitu beras yang dikombinasikan dengan minyak vitamin E, dan rosehip oil.

Ketiga bahan tersebut punya manfaat yang bisa membuat wajah kamu tampak 30 tahun lebih muda. Beras mengandung zat-zat alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel-sel baru. Eksfoliasi secara teratur dapat membantu menghaluskan permukaan kulit dan mengurangi tampilan kerutan.

Beras mengandung vitamin B dan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Dengan merangsang produksi kolagen, beras juga dapat membantu memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi kerutan. Sedangkan minyak vitamin E adalah antioksidan alami yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan melawan kerusakan sel-sel kulit, minyak vitamin E dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk kerutan. Minyak vitamin E memiliki sifat-sifat yang melembapkan dan membantu menjaga kelembapan kulit. Kemudian kandungan vitamin A dalam rosehip oil dapat merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, yang membantu mengurangi tampilan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit.

Rosehip oil mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Rosehip oil juga memiliki sifat-sifat yang melembapkan dan membantu menjaga kelembapan kulit. Bagi kamu yang ingin mencoba hilangkan kerutan, simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @khichibeauty, Selasa (23/4).

Bahan:

foto: YouTube/@khichibeauty

- 1 cup beras
- 1 gelas air putih
- 3 tetes minyak vitamin E
- 1 sendok teh minyak rosehip

Cara membuat:

foto: YouTube/@khichibeauty

1. Masukkan beras ke dalam blender
2. Haluskan beras tersebut
3. Tuangkan beras ke teflon
4. Tuangkan air putih secukupnya
5. Masak selama lima menit
6. Jika sudah mendidih aduk-aduk dan angkat
7. Tuangkan air rebusan beras ke dalam mangkuk
8. Berikan beberapa tetesan minyak vitamin E
9. Tuangkan minyak rosehip dan aduk semua bahan hingga tercampur rata
10. Tuangkan ke dalam jar skincare dan tutup rapat.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@khichibeauty

1. Bersihkan wajah dan area leher terlebih dahulu
2. Oleskan krim pada seluruh wajah secara merata
3. Pijat-pijat wajah dan diamkan selama satu malam
4. Di pagi hari lanjutkan rutinitas seperti halnya mencuci wajah pakai face wash
5. Gunakan krim ini secara rutin di malam hari agar kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Beras bantu hilangkan jerawat pada wajah

Beras tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan saja. Namun beras ini punya manfaat lain yang baik untuk kecantikan kulit, salah satunya mencegah munculnya jerawat. Dilansir dari healthline.com, bubuk beras memiliki tekstur yang halus dan bisa digunakan sebagai eksfoliator ringan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Eksfoliasi teratur dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan mengurangi kemungkinan terbentuknya jerawat. Meskipun tidak secara langsung, penggunaan masker beras dapat membantu menyerap kelebihan minyak dari kulit. Menyerap minyak berlebih dapat membantu mengurangi kemungkinan terbentuknya jerawat, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau rentan terhadap jerawat.

(brl/mal)