Usia 60 tampak 15 tahun lebih muda, ini cara pudarkan kerutan agar wajah auto halus pakai 1 jenis buah

5 Desember 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Memiliki kulit wajah yang halus dan tampak awet muda menjadi dambaan bagi banyak orang, khususnya kaum hawa. Meski begitu, penuaan yang ditandai dengan munculnya kerutan tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Biasanya tanda penuaan ini mulai timbul ketika memasuki usia 35 tahun hingga 60-an. Pada fase ini kulit manusia mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Hal tersebut menyebabkan kulit kehilangan untuk mempertahankan kelembapan dan elastisitas, sehingga kerutan lebih mudah terbentuk. Kondisi ini bisa muncul semakin cepat, jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari selama bertahun-tahun. Dampaknya kulit mengalami kerusakan, sehingga menghasilkan kerutan, garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

Selain faktor di atas, terdapat faktor lain yang mempengaruhi timbulnya kerutan, yaitu gaya hidup yang kurang sehat. Contohnya saja kebiasan buruk, yakni merokok dan pola tidur yang tidak teratur. Kondisi tersebut bisa menimbulkan kerutan dan masalah kulit lainnya, bahkan di usia 30-an. Walaupun begitu, masalah kulit tersebut bisa kamu atasi dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan menggunakan krim yang terbuat dari bahan-bahan alami. Sama seperti yang dilakukan pengguna YouTube grandma's recipes yang memakai kulit jeruk sebagai bahan utamanya. Kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

Antioksidan dalam kulit jeruk juga membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Penggunaan kulit jeruk sebagai scrub atau masker dapat membantu membersihkan kulit dan memberikan nutrisi penting. Tidak hanya menggunakan satu bahan, krim ini juga terdapat minyak almond yang mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kulit.

Vitamin E memiliki sifat anti-penuaan dan membantu mengurangi kerutan dengan meningkatkan kelembapan kulit serta memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Di sisi lain, adanya kuning telur mengandung nutrisi penting, seperti protein, lemak sehat, dan vitamin A. Nah, vitamin A atau retinol dikenal dapat membantu dalam pembentukan ulang sel-sel kulit dan merangsang produksi kolagen.

Kandungan tersebut membantu mengurangi penampilan kerutan serta meningkatkan elastisitas kulit. Lantas bagaimana cara membuat krim dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencobanya, yuk simak informasi di bawah ini, seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube/grandma's recipes pada Selasa (5/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/grandma's recipes

1. 1 buah kulit jeruk
2. 100ml air panas
3. 1 sendok makan beeswax
4. 3 sendok makan minyak almond
5. 1 buah kuning telur
6. 1 sendok makan madu murni
7. Vitamin E

Cara membuat:

foto: YouTube/grandma's recipes

1. Kupas kulit buah jeruk
2. Iris menjadi beberapa bagian kecil dan masukkan ke dalam wadah
3. Tuangkan air panas ke dalam bahan tersebut dan rendam hingga beberapa saat
4. Saring dan tuangkan pada mangkuk
5. Peras buah jeruk dan campurkan
6. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Cairkan beeswax dan campurkan dengan minyak almond
8. Rebus dengan teknik double boiler
9. Masukkan ke dalam bahan sebelumnya
10. Campurkan dengan kuning telur dan madu
11. Tambahkan dengan 10 tetes vitamin E dan minyak essential
12. Aduk dan panaskan kembali
13. Masukkan ke dalam jar skincare dan diamkan hingga memiliki suhu ruangan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/grandma's recipes

1. Bersihkan wajah dan area leher terlebih dahulu
2. Usapkan krim tersebut secara merata
3. Pijat-pijat kurang lebih dua menit
4. Diamkan tanpa dibilas
5. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa memakai krim ini secara rutin pada pagi dan malam hari.

(brl/mal)