Wajah antikeriput di usia 60 tahun, ini trik bikin minuman kolagen sendiri di rumah pakai 1 jenis buah

12 Desember 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Wajah yang bebas keriput dan halus menjadi dambaan bagi banyak orang. Namun secara tidak langsung, kulit ini akan mengalami proses penuaan yang membuat keriput ini muncul.

Penuaan merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari. Meski demikian, ada banyak cara untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan, salah satunya adalah rutin mengonsumsi minuman kolagen.

Seperti yang kita ketahui, kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam mempertahan elastisitas dan kekenyalan kulit. Nah, seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kolagen dalam tubuh ini mulai menurun.

Namun dengan hadirnya minuman kolagen ini, masalah di atas bisa teratasi. Pasalnya minuman kolagen ini mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit. Bahan-bahan tersebut memiliki manfaat yaitu mengurangi keriput dan garis halus, meningkatkan hidrasi kulit, dan meregenerasi.

Itulah sejumlah manfaat dari minuman kolagen yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa dengan mudah membeli minuman kolagen ini di marketplace ataupun toko kecantikan.

Namun harga yang dijual ini terkadang bisa membuat kantong kamu jebol. Sebagai solusinya, kamu bisa lho membuat minuman kolagen sendiri di rumah dengan mudah.

Tak perlu banyak bahan, dalam video yang dibagikan oleh pengguna YouTube simple food, kamu hanya membutuhkan lima bahan yaitu peterseli, mentimun, kurma, jahe, dan lemon.

Peterseli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan, dan zat besi. Vitamin C dikenal dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mempercepat penuaan.

Kemudian, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan memiliki efek menyegarkan pada kulit. Kandungan airnya membantu menjaga kelembapan kulit dan memberikan efek menenangkan. Kandungan antiinflamasi dalam mentimun membantu mengurangi peradangan pada kulit yang dapat menyebabkan kerusakan.

Sedangkan, buah kurma mengandung antioksidan yang kuat seperti flavonoid, polifenol, dan karotenoid. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas serta membantu meningkatkan elastisitas kulit.

foto: YouTube/simple food

Tambahan bahan rempah yaitu jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, jahe juga dapat merangsang sirkulasi darah yang membantu dalam penyembuhan dan regenerasi kulit.

Bahan terakhir yaitu lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, lemon memiliki sifat pemutih alami yang membantu mencerahkan kulit serta mengurangi bintik-bintik gelap yang dapat membuat kulit terlihat tua.

Dengan menggunakan kelima bahan tersebut, minuman kolagen untuk atasi keriput bisa teratasi. Lantas bagaimana cara membuat minuman kolagen tersebut?

Bagi kamu yang ingin membuatnya, simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube Simple Food, Selasa (12/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/simple food

1. 4 hingga 5 lembar buah peterseli
2. 1/2 buah mentimun
3. 4 hingga 5 buah kurma
4. 1 ruas jahe
5. 1 buah lemon
6. 300 ml air putih.

Cara membuat:

foto: YouTube/simple food

1. Cuci bersih peterseli tersebut dan potong dengan ukuran halus
2. Masukkan ke dalam blender bersamaan dengan mentimun
3. Tambahkan potongan buah kurma dan jahe ke dalam blender
4. Tambahkan potongan buah lemon
5. Tuangkan air putih dan haluskan semua bahan
6. Tuangkan pada gelas tanpa disaring
7. Minuman kolagen itu pun siap untuk kamu konsumsi
8. Konsumsi secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/lea)