Wajah antikeriput di usia 60 tahun, YouTuber ini bagikan trik bikin minuman kolagen pakai 1 jenis buah

14 / 05 / 2024 14:10 WIB

Brilio.net - Punya tampilan wajah yang bebas dari tanda penuaan adalah dambaan bagi semua orang, terutama wanita. Namun sayangnya, keinginan tersebut tak bisa terwujud karena adanya faktor penuaan, apalagi jika sudah menginjak usia 60 tahun ke atas. Meski begitu, kamu tetap bisa menjaga kesehatan kulit agar terlihat awet muda.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, dibutuhkan perawatan esktra sejak dini. Selain memanfaatkan penggunaan skincare, perawatan dari dalam juga diperlukan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah dari dalam dengan mengonsumsi minuman kolagen.

Seperti diketahui, kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam mempertahan elastisitas dan kekenyalan kulit. Nah, seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kolagen dalam tubuh ini mulai menurun. Namun dengan hadirnya minuman kolagen ini, masalah penuaan bisa teratasi.

Pasalnya, minuman kolagen ini mengandung bahan-bahan yang bermanfaat mengurangi keriput dan garis halus, meningkatkan hidrasi dan meregenerasi kulit. Dengan banyaknya manfaat yang didapat, tak heran kalau minuman kolagen kini banyak diminati untuk memaksimalkan asupan nutrisi kulit dari dalam.

Selain bisa didapatkan di pasaran, minuman kolagen ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah, lho. Kamu bisa meniru video yang dibagikan pengguna YouTube simple food. Dalam unggahannya, ia membagikan video cara membuat minuman kolagen dengan memanfaatkan lima bahan yaitu peterseli, mentimun, kurma, jahe, dan lemon.

Peterseli (petroselinum crispum) adalah tanaman herbal yang tidak hanya populer sebagai bahan masakan, tetapi juga dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk meningkatkan kadar kolagen dalam kulit. Peterseli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan, dan zat besi.

Kandungan vitamin C tersebut dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh, sedangkan antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mempercepat penuaan. Sementara itu, adanya zat besi membantu dalam transportasi oksigen ke sel-sel kulit yang penting untuk kesehatan dan fungsi optimal dari sel-sel kulit, termasuk produksi kolagen.

Bahan selanjutnya, yakni mentimun memiliki kandungan tinggi air dan memiliki efek menyegarkan pada kulit. Kandungan airnya membantu menjaga kelembapan kulit dan memberikan efek menenangkan. Kandungan antiinflamasi dalam mentimun membantu mengurangi peradangan pada kulit yang dapat menyebabkan kerusakan.

Kurma (Phoenix dactylifera) tidak hanya dikenal karena rasanya yang manis dan kaya nutrisi, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk kemampuan untuk mendukung produksi kolagen. Kandungan vitamin C dalam kurma memiliki kegunaan penting yang berperan dalam sintesis kolagen, sehingga meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki jaringan kulit.

foto: YouTube/simple food

Tambahan bahan rempah yaitu jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, jahe juga dapat merangsang sirkulasi darah yang membantu dalam penyembuhan dan regenerasi kulit.

Bahan terakhir yaitu lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, lemon memiliki sifat pemutih alami yang membantu mencerahkan kulit serta mengurangi bintik-bintik gelap yang dapat membuat kulit terlihat tua.

Dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube Simple Food, Selasa (12/12), berikut bahan dan cara membuat minuman kolagen secara lengkap.

Bahan-bahan:

foto: YouTube/simple food

1. 4 hingga 5 lembar buah peterseli
2. 1/2 buah mentimun
3. 4 hingga 5 buah kurma
4. 1 ruas jahe
5. 1 buah lemon
6. 300 ml air putih

Cara membuat:

1. Cuci bersih peterseli tersebut dan potong dengan ukuran halus
2. Masukkan ke dalam blender bersamaan dengan mentimun
3. Tambahkan potongan buah kurma, lemon dan jahe ke dalam blender
4. Tuangkan air putih dan haluskan semua bahan
5. Tuangkan pada gelas tanpa disaring
6. Minuman kolagen itu pun siap untuk kamu konsumsi
7. Konsumsi secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.