Wajah jadi mulus & kinclong, cewek ini bagikan proses perjuangannya sembuh dari jerawat berkat retinol

19 / 06 / 2024 18:46 WIB

Brilio.net - Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit wajah yang cukup meresahkan dan membuat penderitanya tidak percaya diri. Masalah kulit ini umumnya terjadi di area wajah, karena memiliki kelenjar keringat lebih banyak dan rentan terpapar radikal bebas.

Kondisi ini terjadi akibat penyumbatan oleh sebum, kotoran (seperti sisa makeup, debu, dan sel kulit mati) yang bercampur dengan bakteri, sehingga menyebabkan terjadinya peradangan. Nah, peradangan inilah yang disebut dengan jerawat.

Meski cukup meresahkan, namun bukan berarti jerawat tak bisa disembuhkan lho. Jerawat bisa membaik seiring berjalannya waktu dengan perawatan yang tepat. Di antaranya dengan rajin membersihkan wajah, menggunakan skincare yang cocok, dan mengonsumsi makanan yang tinggi serat serta rendah lemak.

Sejalan dengan hal itu, baru-baru ini ada seorang cewek yang membagikan proses perjuangannya sembuh dari jerawat hanya dengan menggunakan skincare retinol. Ia membagikan perubahan wajahnya seiring waktu melalui akun TikTok pribadinya @santrp_.

foto: TikTok/@santrp_

"Titi jerawatku usai titi," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @santrp_, Rabu (19/6).

Melalui unggahan yang berdurasi 30 detik tersebut, tampak seorang cewek yang memiliki jerawat di beberapa bagian wajahnya. Jerawat tersebut tampak kemerahan dan meradang, terutama di bagian dahi dan pipinya. Ia sempat bersedih dengan kondisi wajahnya saat itu.

foto: TikTok/@santrp_

Di beberapa detik selanjutnya, cewek yang diketahui bernama San tersebut menunjukkan progres wajahnya yang semakin baik. Jerawat di wajahnya tak lagi kemerahan dan meradang, tetapi mulai mengering dan memudar. Hingga di akhir video, wajahnya benar-benar kinclong dan tampak mulus. Bahkan tak ada bekas jerawat sedikitpun di wajahnya.

Bukan tanpa alasan, wajah San benar-benar sembuh dari jerawat meradang tersebut berkat penggunaan skincare retinol secara rutin. Karena seperti yang diketahui bahwa retinol sendiri merupakan salah satu kandungan aktif skincare yang memiliki segudang manfaat untuk wajah.

foto: TikTok/@santrp_

Dilansir Vogue, retinol adalah turunan dari vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan zat dalam tubuh yang sangat penting untuk mendorong pergantian sel-sel di tubuh. Karena itulah, skincare yang mengandung retinol mampu mempercepat pergantian sel kulit, mengurangi jerawat, mengatasi kulit kusam, dan meningkatkan produksi kolagen.

Berkat kemampuannya mempercepat regenerasi kulit, retinol sangat efektif untuk memudarkan jerawat dan bekasnya. Tak hanya itu saja, kandungan aktif tersebut juga ampuh mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit dengan konsentrasi yang tepat. Tak heran jika wajah San jadi auto mulus dan kinclong meski sebelumnya memiliki jerawat yang meradang.

Meski begitu, kamu perlu memperhatikan cara penggunaan retinol yang tepat agar tidak berdampak buruk untuk kulit wajah. Pasalnya, retinol termasuk zat aktif yang cukup keras dan bisa mengiritasi kulit jika tidak digunakan sesuai takaran. Nah, skincare retinol yang bisa kamu coba adalah serum, krim wajah, facial wash, hingga masker.

Dilansir Healthline, untuk para pemula, kamu bisa mulai memakai retinol dengan konsentrasi rendah, seperti 0,2 persen. Setelahnya, kamu bisa berpindah ke konsentrasi yang lebih tinggi secara bertahap. Konsentrasi retinol tinggi yang paling aman adalah 1 persen.

Selanjutnya, pastikan untuk tidak memakai retinol secara berlebihan. Cukup dua kali seminggu saja agar kulit tidak teriritasi (ini penting untuk pemilik kulit sensitif). Nah, cara lainnya kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan produk skincare retinol yang akan kamu gunakan.