Wajah kencang tanpa facial antiaging, ini cara bikin minuman kolagen antikeriput pakai 2 jenis buah

17 November 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Selain wajah glowing dan cerah merata, punya wajah yang awet muda bebas keriput juga menjadi impian bagi kebanyakan orang. Namun untuk mendapatkan wajah awet muda bukan lah hal mudah. Pasalnya banyak faktor yang justru membuat wajah lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan. Seperti paparan sinar UV matahari, polusi, kurangnya perawatan wajah, tidak menjaga kelembapan kulit dengan baik, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Paparan sinar matahari berlebih dapat merusak kolagen alami pada kulit. Hal ini lah yang membuat kulit akan rentan mengendur hingga muncul berbagai penuaan kulit.

Kolagen sendiri merupakan komponen alami kulit yang berperan dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Kolagen juga menjadi salah satu komponen yang dibutuhkan kulit dalam melakukan regenerasi. Nah, seiring bertambahnya usia, kolagen juga akan mulai menurun.

Penuaan wajah dapat membuat penderitanya tidak percaya diri, oleh karena itu banyak yang mencari cara untuk mengencangkan wajahnya. Ada yang melakukan perawatan facial antiaging di klinik kecantikan, menggunakan skincare antiaging, hingga mengonsumsi minuman kolagen.

Seperti unggahan dari pemilik akun TikTok @yanti_manullang20 pada 9 Oktober 2023, yang membagikan tentang cara bikin minuman kolagen antikeriput pakai 2 jenis buah. Buah-buahan yang dipakai adalah semangka dan stroberi.

"jus kolagen alami team cewek yang menolak tua, merapat," katanya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @yanti_manullang20, Jumat (17/11).

Minuman kolagen antikeriput
freepik.com

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang tinggi, sehingga menjadi buah favorit yang sangat menyegarkan bagi kebanyakan orang. Selain itu, semangka juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti likopen, vitamin C, dan vitamin A.

Beberapa kandungan tersebut dipercaya dapat melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput, dan kulit kendur. Antioksidan dalam semangka juga mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga kulit akan tetap kencang dan awet muda.

Sementara stroberi, yang juga tak cuma ampuh mencerahkan kulit, tetapi juga efektif mengencangkan kulit sekaligus menunda tanda-tanda penuaan. Ini berkat kandungan vitamin C dan asam elagik yang baik untuk kesehatan kulit. Kedua kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak jaringan kolagen.

Minuman kolagen antikeriput
TikTok/@yanti_manullang20

Kedua buah ini bisa kamu buat menjadi jus yang dipercaya ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Beberapa manfaatnya adalah membuat kulit lebih cerah, halus, lembap, dan awet muda. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. Semangka secukupnya
2. 4-5 buah stroberi
3. Sedikit air

Minuman kolagen antikeriput
TikTok/@yanti_manullang20

Cara membuat:

1. Potong-potong semangka dan stroberi menjadi bagian yang lebih kecil
2. Masukkan kedua buah tersebut pada blender
3. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental
4. Blender bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus
5. Tuangkan pada gelas dan jus kolagen alami bisa segera kamu minum
6. Konsumsi minuman kolagen ini secara rutin setiap hari jika ingin mendapatkan kulit yang tetap kencang dan awet muda.

(brl/ola)