Warna kulit lebih merata, begini cara mencerahkan lutut hitam pakai scrub dari 1 bahan kue

30 Juni 2023 15:10 WIB

Brilio.net - Lutut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami perubahan warna. Biasanya, lutut akan menghitam dan tampak lebih gelap dari area sekitarnya. Lutut hitam bagi sebagian orang bisa mengganggu penampilan, terlebih untuk kamu yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya hal yang normal.

Beberapa proses alami dari dalam tubuh atau faktor lingkungan bisa menyebabkan lutut berubah gelap dan menghitam. Lutut hitam sering kali bukanlah kondisi yang berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Kondisi ini dapat dialami oleh semua orang, terlepas dari warna kulitnya. Meski begitu, ada banyak orang yang tidak percaya diri karena memiliki lutut hitam, sehingga merasa perlu mencerahkannya.

Warna lutut lebih hitam dari bagian tubuh lainnya bisa terjadi akibat hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi saat kulit memproduksi melanin berlebihan, yaitu pigmen atau zat yang memberi warna alami pada kulit. Beberapa penyebab terjadinya penggelapan pada lutut di antaranya, penumpukan sel kulit mati, terjadinya gesekan, paparan sinar matahari, hiperpigmentasi pasca inflamasi, hingga kondisi kulit tertentu seperti eksim. Selain itu, ketika kulit di sekitar lutut cenderung kering, hal ini juga bisa membuatnya terlihat lebih gelap dan kusam.

Jika mempunyai lutut hitam dan ingin memutihkannya, kamu bisa menerapkan beberapa langkah mudah di rumah. Cara-cara memutihkan lutut tersebut akan membantu mempercepat pergantian sel kulit, sehingga membuatnya tampak lebih cerah. Salah satu cara yang bisa kamu contoh adalah unggahan video dari akun TikTok @salarmedicalstore.

Dalam video berdurasi 26 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara mencerahkan lutut hitam pakai scrub dari 1 bahan kue. Bahan kue yang dimaksud adalah baking soda. Tak hanya baking soda, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu buah lemon.

"Home remedy to get rid of dark knees (Obat rumahan untuk menghilangkan lutut gelap)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @salarmedicalstore, Jumat (30/6).

foto: freepik.com

Baking soda dinilai sebagai eksfoliator ampuh bagi lutut karena mengandung natrium bikarbonat yang bersifat abrasif bagi kulit. Artinya, senyawa ini mampu mengikis bagian tertentu pada kulit, termasuk lapisan kulit mati yang seharusnya mengelupas. Selain itu, baking soda juga bisa mencerahkan kulit dengan cara menetralisasi pH kulit.

Untuk diketahui, kulit terlindungi oleh lapisan pelindung yang disebut acid mantle. Lapisan ini membuat pH kulit menjadi agak asam, yakni 4,5–5,5. Sementara baking soda memiliki pH-9 yang akan menetralisasi pH acid mantle dan menghilangkan lapisan ini. Jika acid mantle menghilang, debu, kotoran, dan minyak berlebih yang menempel di dalamnya juga akan luruh.

Sedangkan lemon juga bisa menjadi bahan alami untuk mencerahkan lutut. Lemon memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam alfa hidroksi yang tinggi di dalamnya sehingga mampu membantu cegah radikal bebas pada kulit. Tak hanya itu, lemon juga dipercaya sebagai agen bleaching atau pemutih alami yang aman untuk kulit.

Dengan kedua bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuatnya menjadi scrub untuk mencerahkan lutut yang hitam. Jadi, kamu tak perlu beli produk pemutih lutut di pasaran dengan kandungan kimia yang belum tentu cocok. Cukup menggunakan scrub alami ini secara rutin, kamu akan mendapatkan lutut yang cerah seperti warna kulit di sekitarnya. Berikut cara membuatnya.

foto: TikTok/@salarmedicalstore

Bahan:

1. 1/2 buah irisan lemon
2. 1 sendok makan baking soda

Cara membuat:

foto: TikTok/@salarmedicalstore

1. Cuci lemon sampai benar-benar bersih.
2. Tuangkan baking soda di atas buah lemon.
3. Gosok-gosokkan kedua bahan tersebut pada bagian lutut yang hitam.
4. Lakukan gerakan memutar secara lembut selama 1-2 menit.
5. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Gunakan scrub ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

(brl/jad)