9 Perawatan rambut setelah smoothing agar tetap awet dan sehat, serta rekomendasi produk

9 Perawatan rambut setelah smoothing agar tetap awet dan sehat, serta rekomendasi produk

Brilio.net - Perawatan rambut telah berkembang jauh melampaui shampo dan kondisioner biasa. Salah satu tren yang terus mendapat perhatian adalah smoothing rambut. Prosedur ini menjanjikan rambut yang lebih halus, lurus, dan mudah diatur, menawarkan solusi bagi mereka yang ingin mengubah penampilan atau mengatasi masalah rambut keriting dan susah diatur.

Smoothing rambut adalah proses kimia yang mengubah struktur rambut, membuatnya lebih lurus dan halus. Berbeda dengan rebonding yang membuat rambut sangat lurus, smoothing memberikan hasil yang lebih alami dan tetap mempertahankan sedikit volume. Prosedur ini telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang, bagi mereka yang memiliki rambut sangat keriting hingga ingin mengurangi frizz.

Namun seperti halnya setiap perawatan kimia, smoothing rambut memiliki dua sisi. Di satu sisi, perawatan smoothing rambut memberikan sejumlah manfaat, seperti rambut mudah diatur, penampilan yang lebih rapi, dan waktu penataan yang lebih singkat. Di sisi lain, ada beberapa risiko dan dampak potensial perlu dipertimbangkan, mulai dari kerusakan hingga masalah kesehatan mungkin timbul akibat bahan kimia yang digunakan.

Agar rambut kamu tetap sehat setelah smoothing rambut, kamu perlu melakukan perawatan secara rutin. Berikut ini 9 perawatan rambut setelah smoothing, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/7).

1. Gunakan Shampoo dan Conditioner Khusus.

 Perawatan rambut setelah smoothing  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Perawatan rambut untuk rambut smoothing, kamu bisa menggunakan sampo dengan produk yang bebas sulfat dan sodium chloride. Tak cukup sampo, kamu juga perlu menggunakan conditioner yang mengandung keratin. Melansir dari Hair cosmetics: An overview. International Journal of Trichology, Senin (29/7)
kamu dianjurkan untuk mencuci rambut maksimal 2-3 kali seminggu untuk menjaga kelembaban

Rekomendasi sampo bebas sulfat yang bisa kamu pakai adalah Yves Richer Reparation Sulfate-free Shampo. Produk ini diklaim bebas sulfat dan aman digunakan pada rambut smoothing. Nah, harga dari produk ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 100 ribuan.

2. Hindari Mencuci Rambut dengan Air Panas.

Kamu bisa mencuci rambut dengan menggunakan air hangat atau dingin. Perlu kamu ketahui, keramas dengan air panas dapat membuka kutikula rambut dan menghilangkan efek smoothing. Sedangkan keramas dengan air dingin membantu menutup kutikula dan mempertahankan kilau rambut.

3. Aplikasikan Serum atau Minyak Rambut.

Serum atau minyak rambut juga perlu kamu masukkan dalam daftar perawatan. Pasalnya, serum atau minyak rambut bisa menambahkan kilau. Kamu dapat mengaplikasikan minyak alami, seperti argan oil atau coconut oil untuk nutrisi. Cara menggunakan cukup oleskan pada ujung rambut untuk mencegah split ends.

Rekomendasi minyak rambut yang bisa kamu pakai adalah Argeville Certified Organic Oil. Produk hair care ini bisa merawat rambut setelah smoothing, lantaran mampu melembapkan dan bikin sehat. Harga dari produk ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 130 ribuan.

4. Hindari Penggunaan Alat Styling Panas Berlebihan.

 Perawatan rambut setelah smoothing  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu yang punya waktu sedikit untuk merawat rambut, mungkin sering menggunakan alat styling, seperti hair dryer. Nah, penggunaan alat styling ini perlu kamu kurangi. Pasalnya suhu panas dari alat styling bisa merusak smoothing rambut.

Nah, jika harus menggunakan jangan lupa selalu aplikasikan heat protectant terlebih dahulu. Setelah itu, atur suhu alat styling pada level medium.

5. Lakukan Deep Conditioning Secara Rutin.

Perawatan lainnya yang bisa kamu pakai adalah menggunakan masker rambut. Kamu bisa memakai produk masker rambut kaya nutrisi seminggu sekali. Pilihlah produk yang mengandung keratin, protein, atau asam amino. Biarkan masker selama 15-30 menit sebelum dibilas.

Sementara itu, rekomendasi masker rambut yang dapat kamu pakai adalah Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Royal. Hair mask satu ini memang ditujukan untuk perawatan setelah smoothing. Pasalnya bisa bikin rambut jadi sehat dan tak bercabang. Nah, harga dari hair mask ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 77 ribu.

6. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang.

 Perawatan rambut setelah smoothing  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Gunakan ikat rambut yang lembut dan longgar. Kemudian,
hindari mengikat rambut saat masih basah. Jangan lupa untuk selalu mengganti posisi ikatan rambut secara berkala untuk menghindari tekanan berlebih.

7. Melindungi Rambut dari Sinar UV.

Perawatan berikutnya adalah melindungi rambut dari sinar UV. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung UV protector. Selain itu, kenakan topi atau scarf saat berada di bawah sinar matahari langsung. Selanjutnya, kamu perlu menghindari paparan sinar matahari berlebihan, terutama antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Sementara itu, rekomendasi hair protectant yaitu Loreal Elseve Extraordinary Oil Gold. Produk ini diperkaya dengan enam ekstrak bunga langka yang bikin rambut ternutrisi. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 179 ribuan.

8. Atur Pola Makan dan Konsumsi Suplemen.

Tak hanya perawatan dari luar saja, kamu juga perlu merawat rambut dari dalam. Salah satunya adalah
mengonsumsi makanan kaya protein, vitamin E, dan biotin. Selain itu, kamu juga bisa memakai suplemen rambut yang mengandung keratin dan kolagen. Kemudian,
perbanyak asupan air untuk menjaga hidrasi rambut dari dalam.

9. Lakukan Touch-up Secara Teratur.

Lakukan touch-up setiap 3-4 bulan atau sesuai rekomendasi stylist. Setelah melakukan touch up, hindari melakukan smoothing terlalu sering untuk mencegah kerusakan rambut.

(brl/far)

tags

STORIES