Auto hitam kembali, ini cara pulihkan rambut beruban cuma pakai 2 rempah dapur

Auto hitam kembali, ini cara pulihkan rambut beruban cuma pakai 2 rempah dapur

Brilio.net - Rambut beruban merupakan proses alami yang terjadi pada semua orang. Rambut beruban tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, lantaran berkurangnya pigmen rambut yang merupakan bagian alami dari proses penuaan.

Pada saat memasuki fase penuaan, folikel rambut mengandung sel yang disebut melanosit (penentu warna helai rambut). Nah, sel-sel ini punya tanggung jawab untuk membuat bahan kimia yang disebut melanin (pigmen pemberi warna pada kulit).

Perubahan warna pada rambut dan kulit ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah paparan sinar matahari. Saat rambut kamu menjadi kecokelatan atau terbakar sinar matahari, dalam posisi ini produksi melanin kamu sedang meningkat.

Sementara itu, penyebab adanya perubahan melanin pada rambut disebabkan oleh faktor bertambahnya usia. Saat usia semakin tua, melanin rambut mulai minim dan menyebabkan folikel rambut berkurang. Hal inilah yang menyebabkan uban muncul.

Untungnya sekarang rambut berubanbisa diobati dengan treatment. Misalnya dengan mengaplikasikan semir, atau dapat memakai hair spray yang terbuat dari bahan alami.

Langkah ini seperti yang dilakukan pengguna TikTok @jamutongkatali84. Lewat unggahan videonya, ia tampak memanfaatkan dua bahan rempah dapur yaitu kulit bawang dan cengkih. Campuran kedua bahan itu dipercaya bisa mencegah dan mengatasi uban.

Nah, penasaran bagaimana cara membuat dan menggunakan hair spray buatan rumahan? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari TikTok @jamutongkatali84, Sabtu (20/7).

Bahan:

cara atasi rambut beruban.  2024 TikTok

cara atasi rambut beruban.
2024 TikTok/jamutongkatali84

- 1 gelas air putih
- Kulit bawang merah
- 1 sendok makan cengkih.

Cara membuat:

cara atasi rambut beruban.  2024 TikTok

cara atasi rambut beruban.
2024 TikTok/jamutongkatali84

1. Siapkan panci dan masukkan air putih.
2. Masukkan kulit bawang merah.
3. Tambahkan cengkih.
4. Rebus semua bahan hingga matang kurang lebih selama dua menit.
5. Angkat dan dinginkan.
6. Tuangkan pada botol spray dan siap digunakan.

Cara menggunakan:

cara atasi rambut beruban.  2024 TikTok

cara atasi rambut beruban.
2024 TikTok/jamutongkatali84

1. Rapikan rambut terlebih dahulu.
2. Semprotkan pada rambut secara merata.
3. Diamkan selama beberapa menit.
4. Bilas menggunakan air dan sampo.
5. Gunakan trik ini secara rutin agar rambut beruban tak muncul lagi.

Manfaat dari kulit bawang dan cengkih untuk atasi uban.

Seperti dicontohkan di atas, ternyata kulit bawang dan cengkih bisa mengatasi uban. Melansir dari Journal of Cosmetic Dermatology, Sabtu (20/7) kulit bawang yang biasanya kamu buang begitu saja mampu merangsang folikel rambut, sehingga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Adanya kandungan antioksidan di dalam kulit bawang merah dipercaya bisa meningkatkan produksi melanin.

National Center of Biotechnology Information (NCBI) menjelaskan, cengkih mengandung eugenol, senyawa dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Penggunaan cengkih dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, yang dapat merangsang folikel rambut dan meningkatkan kesehatan rambut.

Sifat antioksidan cengkih membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif, yang bisa mempercepat munculnya uban. Minyak cengkih sering digunakan untuk memperkuat akar rambut dan meningkatkan ketebalan rambut.

(brl/psa)

tags

STORIES