Bukan dengan daun jambu biji, ini cara atasi rambut kusut dan mengembang hanya pakai 1 jenis minuman

Bukan dengan daun jambu biji, ini cara atasi rambut kusut dan mengembang hanya pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Rambut kusut dan mengembang adalah dua permasalahan yang sering dialami banyak orang. Tak jarang kedua masalah ini membuat jengkel, lantaran rambut kusut dan mengembang cenderung sulit diatur. Bahkan jika tidak segera diatasi, kedua masalah ini bisa membuat rasa percaya diri menjadi menurun.

Ada beberapa faktor yang membuat rambut mudah kusut dan mengembang, salah satunya karena kurangnya kelembapan dan kering. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari dan penggunaan alat styling yang berlebihan. Tidak hanya itu, penggunaan produk hair care juga bisa membuat rambut menjadi kering dan kusut. Di sisi lain, adanya faktor kelembapan udara yang tinggi juga mempengaruhi kondisi rambut tersebut.

Rambut memiliki kemampuan menyerap kelembapan dari udara. Ketika cuaca lembap, rambut yang biasanya lurus dapat berubah menjadi lebih bervolume. Sementara itu, terjadinya kerusakan struktur rambut pada lapisan pelindung rambut juga mempengaruhi kedua masalah ini. Untuk mengatasi rambut kusut dan mengembang ini kamu perlu menggunakan sampo yang tepat.

Pilihlah sampo yang memiliki kandungan pelembap dan menutrisi rambut secara alami. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghindari penggunaan hair dryer dan catokan. Jika perlu, gunakan produk pelindung dan hair serum agar rambut semakin sehat. Selain cara-cara tersebut, kamu juga bisa mengatasi rambut kusut dan mengembang dengan merawatnya memakai bahan alami.

Nah, bahan yang biasanya sering digunakan banyak orang adalah daun jambu biji. Tanaman yang satu ini mengandung banyak air dan nutrisi yang membantu menjaga kelembapan alami, sehingga rambut terhindar dari berbagai masalah. Selain bahan tersebut, ada bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan hair toner yaitu teh hitam.

Jenis minuman satu ini mengandung polifenol dan kafein yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut, dan mengurangi kusut. Adanya kandungan kafein juga bisa menguatkan akar rambut. Bahan tambahan dalam hair care ini adalah daun salam.

Bahan yang biasanya digunakan untuk campuran bumbu dapur ini ternyata mengandung minyak essential dan antioksidan yang bisa mengatasi rambut kusut dan mengembang. Tidak hanya itu, kandungan tersebut membantu menghaluskan rambut.

Selain itu, adanya minyak kelapa mengandung asam lemak dan vitamin yang menjadi pelembap alami, mengurangi kusut, dan mengatasi rambut mengembang. Lantas bagaimana cara membuat hair tonic dari bahan-bahan tersebut? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, yuk simak langkah-langkah di bawah ini, seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube/naturkosmetik pada Selasa (15/8).

Bahan-bahan:

cara atasi rambut kusut dan mengembang berbagai sumber

foto: YouTube/naturkosmetik

1. 1 sendok makan teh hitam
2. 3 lembar daun salam
3. 1 sendok makan cengkeh
4. 200 ml air bersih
5. 1 sendok makan minyak kelapa
6. 1 sendok makan rosewater.

Cara membuat:

cara atasi rambut kusut dan mengembang berbagai sumber

foto: YouTube/naturkosmetik

1. Masukkan teh hitam dan daun salam ke dalam panci bersih
2. Campurkan dengan cengkeh
3. Tuangkan air bersih dan aduk-aduk
4. Rebus semua bahan hingga mendidih, kurang lebih 10 menit
5. Tuangkan ke dalam wadah bersih dan saring
6. Tuangkan minyak kelapa dan rosewater
7. Lalu, aduk semua bahan hingga tercampur rata
8. Masukkan ke dalam botol bersih.

Cara menggunakannya:

cara atasi rambut kusut dan mengembang berbagai sumber

foto: YouTube/naturkosmetik

1. Sisir rambut hingga rapi terlebih dahulu
2. Lalu, aplikasikan hair toner tersebut dengan cara disemprotkan ke seluruh lapisan rambut
3. Biarkan kurang lebih 15 menit dan tidak perlu dibilas
4. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan hair toner ini secara rutin.

(brl/mal)

tags

STORIES