Bukan pakai lemon, ini trik atasi rambut lepek dan berminyak dengan masker dari 1 jenis bahan minuman

Bukan pakai lemon, ini trik atasi rambut lepek dan berminyak dengan masker dari 1 jenis bahan minuman

Brilio.net - Kondisi rambut yang lepek dan berminyak tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menimbulkan perasaan tidak nyaman lantaran terasa lengket disertai gatal. Rambut lepek diakibatkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan hormon, mencuci rambut yang terlalu sering atau terlalu jarang, pengaruh dari produk perawatan rambut, sampai akibat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Kulit kepala mengandung minyak alami atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Sebum berfungsi untuk melembapkan kulit kepala dan melindungi rambut. Akan tetapi, kelenjar minyak terkadang bekerja terlalu aktif, sehingga produksi minyak berlebih menyebabkan rambut berminyak dan lepek. Alhasil, rambut pun kehilangan volumenya. Kotoran pun bisa lebih mudah menempel pada rambut.

Kebanyakan orang dengan permasalahan seperti ini seringkali selalu merasa butuh mencuci rambut. Padahal, mencuci rambut terlalu sering tidak baik untuk kesehatan rambut, lho.

Namun, untungnya masalah rambut mudah lepek dan berminyak ini bukan tidak ada solusinya. Karena kamu bisa mengurangi produksi minyak di rambutmu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Lemon adalah salah satu bahan alami yang kerap diandalkan untuk mengatasi rambut yang berminyak. Padahal ada bahan lain yang juga tak kalah efektif lho. Seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @wishtrendtv pada 8 Oktober 2019. Unggahan tersebut berisi tentang trik atasi rambut lepek dan berminyak dengan masker dari 1 jenis bahan minuman. Bahan minuman yang dimaksud adalah bubuk green tea atau teh hijau. Selain bubuk green tea ia juga menggunakan bahan lainnya yaitu putih telur.

"DIY Green Tea Hair Mask For Oily (DIY Masker Rambut Teh Hijau Untuk Berminyak)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @wishtrendtv, Jumat (4/8).

Atasi rambut lepek dan berminyak pakai 1 jenis bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dikenal sebagai sumber antioksidan polifenol yang kuat, teh hijau sering digunakan dalam produk perawatan rambut karena khasiatnya yang tak main-main. Teh hijau memiliki kandungan zat tanin yang bermanfaat mengurangi kadar minyak pada rambut dan kulit kepala. Tak hanya itu saja, teh hijau juga dapat mengontrol kadar pH pada kulit kepala, agar kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak berlebih yang dapat membuat rambut lepek dan berminyak.

Begitupun dengan putih telur yang kaya akan vitamin seperti niacin dan riboflavin yang menutrisi rambut dalam proses pembaharuan dan pertumbuhannya. Bahkan, putih telur juga dipercaya dapat membantu mengatasi rambut berminyak, membersihkan kulit kepala, dan mengurangi ketombe. Protein dalam putih telur juga dapat membantu memperkuat akar rambut, mencegah kerontokan, dan memberikan kelembapan alami.

Dengan kedua bahan tersebut kamu bisa membuat masker rambut yang diklaim mampu mengatasi lepek dan rambut berminyak. Jika digunakan secara rutin, rambutmu akan lebih ternutrisi dan bebas dari ketombe serta masalah rambut lainnya. Berikut cara membuatnya:

Atasi rambut lepek dan berminyak pakai 1 jenis bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@wishtrendtv

Bahan:

1. 1-2 butir putih telur

2. 1-2 sendok makan bubuk green tea

Atasi rambut lepek dan berminyak pakai 1 jenis bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@wishtrendtv

Cara membuat:

1. Campurkan kedua bahan yang sudah disebutkan pada wadah

2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan tak ada yang menggumpal

3. Gunakan brush untuk mengaplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh

4. Pijat-pijat dengan lembut agar masker lebih meresap

5. Diamkan selama 5 menit lalu bilas menggunakan air hangat dan lanjutkan pakai sampo dan kondisioner

6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

@wishtrendtv DIY Green Tea Hair Mask For Oily #hair # # |#fyp #hairgoals #howto #diy #beauty Chicken Noodle Soupfeat. Becky G - j-hope

(brl/pep)

tags

STORIES