Campuran madu dan 1 jenis minyak ini bisa atasi rambut kering bercabang, begini cara pakainya

Campuran madu dan 1 jenis minyak ini bisa atasi rambut kering bercabang, begini cara pakainya

Brilio.net - Rambut kering bercabang adalah kondisi di mana ujung rambut mulai terbelah dan tampak kering serta kusam. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari paparan bahan kimia, perawatan yang tidak tepat hingga kondisi lingkungan yang ekstrem.

Penyebab utama rambut kering bercabang adalah kurangnya kelembapan pada rambut. Ketika rambut kehilangan kelembapannya, kutikula, lapisan luar dari rambut menjadi rapuh dan mudah pecah. Aktivitas seperti penggunaan alat styling panas atau bahkan terlalu sering mencuci rambut dengan sampo yang mengandung bahan kimia dapat memperparah kondisi ini.

Salah satu dampak terbesar dari rambut kering bercabang adalah penurunan keindahan dan kesehatan rambut secara keseluruhan. Ujung rambut yang bercabang membuat tampilan rambut menjadi tidak merata dan membuatnya terlihat kurang terawat. Selain itu, rambut yang kering dan bercabang juga lebih rentan terhadap kerusakan lebih lanjut, seperti rambut rontok dan kerusakan struktural.

Cara mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk hair care khusus yang diformulasikan untuk rambut kering bercabang. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memaksimalkan perawatan rambut. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @clarissapisciina.

Campuran madu dan 1 jenis minyak bisa atasi rambut kering bercabang Berbagai sumber

foto: TikTok/@clarissapisciina

Lewat unggahannya itu, ia menggunakan campuran madu dan 1 jenis minyak untuk mengatasi rambut kering bercabang. Minyak yang dimaksud adalah minyak zaitun. Begini cara membuat dan memakainya, yang briliobeauty.net lansir pada Kamis (12/9).

Bahan:

- 3 sendok makan madu
- 3 sendok makan minyak zaitun

Campuran madu dan 1 jenis minyak bisa atasi rambut kering bercabang Berbagai sumber

foto: TikTok/@clarissapisciina

Cara membuat dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah bersih
2. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya kental seperti pasta
3. Sisir rambut terlebih dahulu dan pastikan tak ada bagian yang kusut
4. Basahi rambut menggunakan air
5. Aplikasikan campuran kedua bahan tersebut hanya pada bagian batang hingga ujung rambut secara menyeluruh
6. Gulung rambut lalu diamkan selama minimal 1 jam
7. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut lembut bebas kering bercabang

Campuran madu dan 1 jenis minyak bisa atasi rambut kering bercabang Berbagai sumber

foto: TikTok/@clarissapisciina

Kandungan madu untuk mengatasi rambut kering bercabang.

Madu adalah humektan alami, artinya ia memiliki kemampuan untuk menarik dan mengunci kelembapan dari udara ke dalam rambut. Ketika diterapkan pada rambut, madu membantu menjaga kelembapan dan mengurangi kekeringan yang sering menyebabkan ujung rambut bercabang. Selain itu, madu kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat memperbaiki kerusakan dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Manfaat minyak zaitun untuk mengurangi efek rambut kering dan bercabang.

Minyak zaitun efektif mengatasi rambut kering bercabang berkat kandungan nutrisi dan sifat pelembapnya yang luar biasa. Minyak zaitun kaya akan asam lemak omega-9, vitamin E, dan antioksidan yang bekerja untuk memberikan kelembapan mendalam dan memperbaiki kerusakan pada rambut. Asam lemak dalam minyak zaitun membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambut, mengurangi kehilangan kelembapan dan mencegah kekeringan yang sering menyebabkan bercabang.

(brl/jad)

tags

STORIES