Cara atasi ketombe ini cuma pakai kombinasi sampo dan 1 bahan dapur, rambut auto bersih & lembut

Cara atasi ketombe ini cuma pakai kombinasi sampo dan 1 bahan dapur, rambut auto bersih & lembut

Brilio.net - Ketombe menjadi salah satu permasalahan rambut yang paling umum dialami oleh sejumlah orang. Kondisi ini menimbulkan rasa gatal dan tentu membuat tidak nyaman. Belum lagi ketombe membuat rambut menjadi mudah lepek.

Sejumlah orang mengatakan, rambut berketombe membuat mereka tidak percaya diri. Pasalnya serbuk ketombe jatuh ke baju dan membuat penampilan jadi tidak bersih.

Perlu kamu ketahui bahwa, kulit kepala kering lebih rentan terhadap ketombe dibandingkan dengan kulit kepala berminyak. Pada kulit kepala kering, cenderung terdapat serpihan putih. Selain itu, kulit kepala bisa mengalami iritasi dan kemerahan.

Faktor lainnya penyebab munculnya ketombe adalah tumbuhnya jamur malassezia - merupakan jamur yang hidup di kulit kepala. Perkembangan jamur malassezia bisa meningkat dan melebihi jumlah normal jika terpapar udara panas dan lembap. Pasalnya, dalam kondisi tersebut menyebabkan asam lemak menumpuk dan menyebabkan peradangan. Jika tidak diatasi bisa berujung pada deskuamasi pada kulit kepala dan menghasilkan ketombe.

Menjadi permasalahan yang cukup menyebalkan, tentu kamu berusaha untuk menghilangkan ketombe bukan? Ternyata ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Trik ini dibagikan oleh pengguna akun TikTok @haircarewithmey. Lewat unggahannya, si pemilik akun menjelaskan bahwa dia menggunakan sampo dan garam himalaya untuk mengatasi kotembe.

Cara hilangkan ketombe pakai garam.  2024 TikTok

Cara hilangkan ketombe pakai garam.
2024 TikTok/haircarewithmey

"Exfoliation (deep clean), menghilangkan ketombe & flaky scalp, mengurangi minyak rambut berlebih, bagu untuk yg punya oily scalp (cepat lepek). Tidak rekomen untuk yang punya dry scalp!!" Ujar pemilik video @haircarewithmey.

Kombinasi dua bahan tersebut terbilang cukup ampuh dalam mengatasi ketombe. Jika kamu tertarik untuk mengetahuinya, berikut langkah-langkah yang dihimpun briliobeauty.net dari TikTok @haircarewithmey, Kamis (11/7).

Cara hilangkan ketombe pakai garam.  2024 TikTok

Cara hilangkan ketombe pakai garam.
TikTok/@haircarewithmey

1. Siapkan wadah bersih
2. Siapkan sampo yang biasa kamu gunakan dan garam
3. Tuangkan garam himalaya pada mangkuk kurang lebih dua sendok makan
4. Tuangkan sampo secukupnya
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Aplikasikan pada rambut secara merata
7. Bilas menggunakan air biasa
8. Gunakan trik ini seminggu sekali, agar ketombe hilang dan rambut jadi bersih dan lembut.

Manfaat garam himalaya untuk hilangkan ketombe.

Garam menjadi salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Melansir dari Origina Nature, Kamis (11/7) garam himalaya menjadi bahan eksfoliasi yang bisa merangsang peredaran darah dalam kulit kepala, sehingga rambut jadi lebih sehat. Tidak cuma itu, garam himalaya mampu mengontrol produksi minyak sehingga bisa mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala. Adanya kandungan berupa magnesium dan kalsium dipercaya memperkuat akar rambut.

(brl/ola)

tags

STORIES