Cara atasi rambut rontok berlebih ini cuma pakai 2 bahan alami, hasilnya bikin tumbuh lebat kembali

Cara atasi rambut rontok berlebih ini cuma pakai 2 bahan alami, hasilnya bikin tumbuh lebat kembali

Brilio.net - Rambut rontok merupakan hal alami yang terjadi pada seseorang, baik perempuan maupun laki-laki. Melansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), Selasa (2/7) seseorang mengalami rambut rontok normal sebanyak 50 hingga 100 helai per hari.

Jika kamu mengalami kerontokan secara tiba-tiba dan cenderung ekstrem, kondisi tersebut patut diwaspadai. Pasalnya, hal tersebut menjadi tanda rambut kamu mengalami kerontokan berlebih dan memerlukan perawatan lebih lanjut. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan alopecia areata.

Penyebab rambut rontok ini bisa berasal dari berbagai faktor, paling umum terjadi akibat stres yang tak tertangani dengan baik. Stres bisa terjadi dalam segala bentuk mulai dari kecelakan, pasca melahirkan, dan faktor lainnya.

Selain stres, rambut rontok berlebih juga bisa terjadi karena styling rambut seperti mewarnai dan mencatok yang terlalu sering. Perawatan tersebut jika dilakukan secara terus menerus dan tanpa menggunakan perlindungan bisa bikin rambut jadi rusak.

Faktor kerontokan lainnya berasal dari ketidakseimbangan hormonal. Melansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), seseorang yang mengalami ketidakseimbangan hormon ini dapat mengalami penipisan rambut di kulit kepala.

Untuk mencegah kerontokan rambut berlebih terjadi, kamu perlu melakukan perawatan menggunakan hair spray. Tak usah beli, kamu bisa membuat hairspray sendiri dari bahan-bahan alami.

Seperti yang dilakukan oleh beauty vlogger dengan akun Instagram @haircarewithsomya. Lewat unggahan reels, ia memanfaatkan cengkih dan fenugreek seed atau biji rami. Untuk caranya mengolah kedua bahan tersebut kamu bisa mengikuti trik di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @haircarewithsomya, Selasa (2/7).

Bahan:

atasi rambut rontok berlebih. berbagai sumber

foto: Instagram/@haircarewithsomya

- 3 sendok makan cengkih
- 2 sendok makan fenugreek seeds
- 2 gelas air putih.

Cara membuat:

atasi rambut rontok berlebih. berbagai sumber

foto: Instagram/@haircarewithsomya

1. Siapkan panci dan letakkan di atas kompor.
2. Tuangkan air putih.
3. Masukkan cengkih dan fenugreek seeds atau biji rami.
4. Rebus selama 10 hingga 15 menit.
5. Dinginkan air rebusan.
6. Masukkan ke dalam botol spray dan tutup rapat.
7. Hair spray siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

atasi rambut rontok berlebih. berbagai sumber

foto: Instagram/@haircarewithsomya

1. Rapikan rambut terlebih dahulu menggunakan sisir.
2. Semprotkan hairspray ke seluruh rambut.
3. Pijat-pijat selama beberapa menit.
4. Diamkan selama 15 menit.
5. Bilas rambut menggunakan sampo dan air biasa.
6. Ulangi penggunaan hair spray secara rutin agar rambut rontok kembali sehat dan tumbuh lebat.

Manfaat dari cengkih dan fenugreek untuk atasi rambut rontok.

Cengkih dan fenugreek atau biji rami merupakan bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut, salah satunya adalah rontok berlebih. Melansir dari Very Well Health, cengkih punya kandungan antioksidan seperti eugenol, yang bisa melawan radikal bebas penyebab rambut rontok.

Adanya sifat peradangan atau antiinflamasi dalam cengkih, membantu mengendalikan peradangan dan merangsang pertumbuhan rambut. Sementara itu, adanya sifat antimikroba dan antijamur mampu mengatasi rambut rontok dan membersihkan ketombe.

Sedangkan bahan lainnya yaitu fenugreek, bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan memberikan nutrisi pada folikel rambut. Terdapat protein yang bisa memperkuat batang rambut dan mengatasi kerontokan. Sifat antijamur dan antibakteri dalam biji fenugreek, dipercaya bisa mengatasi ketombe dan mencegah kulit kepala gatal.

(brl/psa)

tags

STORIES