Hanya butuh 1 jenis sayur, ini trik merawat rambut panjang agar bebas kering dan rontok

Hanya butuh 1 jenis sayur, ini trik merawat rambut panjang agar bebas kering dan rontok

Brilio.net - Merawat rambut panjang bukanlah perkara mudah. Selain harus memahami langkah perawatan yang tepat, kamu juga perlu mengetahui cara mengatasi berbagai masalah pada rambut panjang, seperti rambut bercabang, rontok, atau mudah kusut.

Rambut rontok ini disebabkan oleh akar rambut yang kurang kuat menopang beban rambut yang panjang. Nggak cuma itu saja, helaian rambut panjang juga lebih jauh dari folikel dibandingkan rambut pendek, sehingga nutrisi yang disalurkan ke batang rambut pun nggak optimal.

Tak hanya itu saja, rambut panjang mudah rontok juga disebabkan seringnya melakukan styling yang tanpa disadari malah membuat rambut jadi tidak sehat dan mudah rontok. Makanya, penting banget buat kamu, pemilik rambut panjang untuk lebih merawat rambut biar nggak mudah rontok.

Tak perlu pergi ke salon kecantikan, pasalnya kamu juga bisa kok merawat rambut panjangmu yang mudah rontok dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @aayurvedam.

Dalam videonya, pemilik akun membagikan trik merawat rambut panjang agar bebas kering dan rontok hanya pakai 1 jenis sayuran. Sayur yang digunakan adalah okra. Selain okra, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yakni castor oil atau olive oil.

Trik merawat rambut panjang agar bebas kering dan rontok pakai 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: freepik.com

"Magical Hair Serum Get Glass shine, glossy hair (Serum Rambut Ajaib untuk Dapatkan rambut bersinar dan berkilau)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @aayurvedam, Sabtu (22/4).

Okra merupakan sayuran dengan banyak nutrisi sehat, yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Okra mengandung banyak asam folat yang dapat membantu mengontrol keseimbangan hormon untuk menghentikan kerontokan rambut. Selain asam folat, okra juga mengandung Vitamin C. Kerusakan radikal bebas dapat menghentikan pertumbuhan rambut. Selain itu, okra merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidannya dapat membantu menghentikan kerontokan rambut.

Sedangkan castor oil atau minyak jarak kaya akan asam risinoleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat melembapkan kulit. Asam risinoleat bertindak sebagai humektan, yang mempertahankan kelembapan dengan mencegah kehilangan air melalui lapisan luar kulit. Sehingga rambut akan lebih lembut dan berkilau alami. Kandungan asam risinoleat juga dapat memperkuat rambut dari akarnya dan menjaga kulit kepala tetap sehat.

Begitupun dengan olive oil atau minyak zaitun yang mengandung vitamin A, E, dan K, serta asam lemak di dalamnya. Kandungan antiradang pada minyak zaitun juga dapat mencegah kerontokan. Kandungan ini yang diklaim dapat menenangkan peradangan yang terjadi pada kulit kepala.

Nah, dari bahan-bahan tersebut kamu bisa membuat hair serum untuk merawat rambut panjangmu agar bebas kusut dan antirontok. Yuk, simak cara membuatnya.

Trik merawat rambut panjang agar bebas kering dan rontok pakai 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: TikTok/@aayurvedam

Bahan:

1. Okra secukupnya.
2. Castor oil atau olive oil secukupnya.
3. 1 gelas air.

Cara membuat:

Trik merawat rambut panjang agar bebas kering dan rontok pakai 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: TikTok/@aayurvedam

1. Cuci okra terlebih dahulu kemudian potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.
2. Panaskan air pada panci dan masukkan okra.
3. Rebus selama 10-12 menit sembari diaduk.
4. Saring dan ambil air rebusan okra.
5. Tambahkan castor oil atau olive oil lalu aduk merata.
6. Aplikasikan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama 1 jam.
7. Bilas menggunakan sampo sampai bersih dan lanjutkan dengan kondisioner.
8. Lakukan secara rutin setiap sebelum keramas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

@aayurvedam

Home Made Hair Serum #hairserum #hairgrowth #haircare #aayurvedicremedy #homeremedy

original sound - Aayurvedam

(brl/wen)

tags

STORIES