Hasilnya terlihat dalam sebulan, beauty vlogger ini bagikan cara hilangkan uban pakai 1 bahan minuman

Hasilnya terlihat dalam sebulan, beauty vlogger ini bagikan cara hilangkan uban pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Penuaan tidak hanya ditandai dengan munculnya garis halus. Namun tanda penuaan juga terlihat dari perubahan rambut dari hitam ke putih atau abu-abu. Walaupun kerap muncul karena tanda penuaan, uban juga bisa muncul di usia muda.

Dibalik itu proses terbentuknya uban berkaitan erat dengan produksi melanin (pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata). Perlu kamu ketahui, melanin diproduksi oleh sel-sel khusus yang disebut melanosit. Ketika produksi melanin menurun atau berhenti, rambut yang tumbuh tidak memiliki warna sehingga terlihat abu-abu atau putih.

Terjadinya uban dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti genetik. Kondisi ini memainkan peran penting dalam menentukan kapan seseorang akan mulai beruban. Jika orang tua atau kakek-nenekmu beruban pada usia tertentu, kemungkinan besar kamu juga akan mengalami hal yang sama pada usia tersebut.

Selain disebabkan oleh genetik, faktor lain seperti stres yang berkepanjangan dapat mempercepat munculnya uban. Stres kronis dapat memengaruhi produksi melanin, meskipun mekanismenya belum sepenuhnya dipahami. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan pola makan yang buruk juga dapat berkontribusi pada kemunculan uban lebih dini.

Kemudian paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa memicu munculnya uban. Pasalnya paparan sinar UV bisa merusak melanosit, sehingga mengurangi kemampuan mereka untuk memproduksi melanin.

Itulah penyebab munculnya uban. Memberikan tampilan yang kurang menarik, tak heran jika banyak orang mencari cara hilangkan uban. Ada satu cara menghilangkan uban yang bisa kamu gunakan yaitu memakai hair tonic dari bahan alami.

Seorang beauty vlogger dengan kanal YouTube @oastyles membuat hair tonic dari teh. Teh, baik teh hitam, teh hijau, maupun teh herbal, dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satu manfaat yang sering dibahas adalah potensinya dalam mengatasi uban atau mencegah rambut beruban.

Teh punya kandungan antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Melansir dari healthline.com, Rabu (29/5) antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel termasuk melanosit yang bertanggung jawab atas produksi melanin. Dengan melindungi melanosit dari kerusakan, produksi melanin dapat dipertahankan lebih lama sehingga mengurangi risiko munculnya uban.

Teh hijau mengandung katekin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Kandungan katekin dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut dan mempertahankan warna alami rambut lebih lama. Sirkulasi darah yang baik memastikan bahwa folikel rambut mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat.

Teh hitam sering digunakan sebagai pewarna rambut alami. Kandungan tanin dalam teh hitam dapat memberikan warna yang lebih gelap pada rambut, yang bisa membantu menyamarkan uban. Membilas rambut dengan teh hitam secara teratur dapat memberikan hasil yang terlihat alami tanpa menggunakan bahan kimia keras yang dapat merusak rambut.

Selain itu, teh mengandung vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan rambut. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan folikel rambut, yang berperan dalam mempertahankan warna alami rambut.

Itulah manfaat dari teh yang bisa digunakan untuk hilangkan uban. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.netlansir dari kanal YouTube @oastyles, Rabu (29/5).

Bahan:

cara hilangkan uban pakai teh. berbagai sumber

cara hilangkan uban pakai teh.
YouTube/oastyles

- 1 bungkus teh
- Air panas

Cara membuat:

cara hilangkan uban pakai teh. berbagai sumber

cara hilangkan uban pakai teh.
YouTube/oastyles

1. Masukkan empat kantong teh ke dalam wadah
2. Tuangkan air panas
3. Rendam hingga berubah warna
4. Ambil kantong teh dan peras hingga kering
5. Tuangkan ke dalam botol spray
6. Tutup botol spray hair
7. Hair tonic sudah bisa kamu gunakan.

Cara menggunakan:

cara hilangkan uban pakai teh. berbagai sumber

cara hilangkan uban pakai teh.
YouTube/oastyles

1. Semprotkan hair tonic pada seluruh rambut
2. Pijat-pijat selama beberapa menit
3. Tunggu selama 30 menit
4. Bilas menggunakan air biasa dan sampo
5. Ulangi penggunaan hair tonic ini secara rutin agar uban tertutupi dalam waktu satu bulan.

Manfaat teh untuk kesehatan rambut.

Teh tak hanya digunakan untuk dikonsumsi. Tapi teh punya manfaat bagi kecantikan rambut. Teh hijau dan teh hitam mengandung polifenol dan vitamin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Sirkulasi darah yang lebih baik di kulit kepala memastikan folikel rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dengan sehat.

Adanya sifat antimikroba dan antiinflamasi membantu mengatasi ketombe. Teh hijau khususnya dapat menenangkan kulit kepala yang iritasi dan mengurangi peradangan yang seringkali menyebabkan ketombe.

(brl/ola)

tags

STORIES