Hasilnya terlihat dalam seminggu, ini cara samarkan rambut beruban pakai hair oil dari 1 bumbu dapur

Hasilnya terlihat dalam seminggu, ini cara samarkan rambut beruban pakai hair oil dari 1 bumbu dapur

Brilio.net - Munculnya garis halus bukan satu-satunya tanda penuaan. Selain itu perubahan warna rambut hitam menjadi putih atau munculnya uban juga menjadi tanda lainnya. Walaupun rambut beruban ini kerap kali dianggap menjadi masalah umum yang terjadi pada beberapa orang, namun kemunculannya dapat menganggu penampilan.

Pada dasarnya penyebab utama dari rambut beruban adalah penurunan produksi melanin (pigmen alami pada rambut). Perlu kamu ketahui, melanin ini diproduksi oleh sel-sel di kulit kepala dan bertanggung jawab untuk memberikan warna pada rambut kamu. Nah, ketika produksi melanin ini menurun, rambut kehilangan pigmen dan mulailah muncul warna abu-abu atau putih.

Penyebabnya tidak hanya dikarenakan faktor penuaan saja, namun juga datang dari faktor genetika atau keturunan, nutrisi yang tidak terpenuhi, paparan polusi, dan stress yang bisa mempercepat proses penuaan. Lantaran cukup mengganggu penampilan, sejumlah orang memilih untuk menyamarkan rambut beruban.

Cara yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah menutupinya menggunakan semir rambut. Selain cara tersebut, kamu bisa lho menyamarkan rambut beruban dengan menggunakan hair oil. Sama seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube superprincessjo. Dalam video yang dibagikan itu, ia memakai bawang merah, minyak kelapa, dan gooseberries.

Perlu kamu ketahui, bawang merah mengandung enzim katalase yang diyakini dapat membantu meningkatkan produksi melanin. Kemudian, minyak kelapa memiliki sifat melembapkan dan mengandung asam lemak yang dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mendukung kesehatan rambut.

Sedangkan gooseberries atau buah amla, memiliki kandungan berupa vitamin C dan antioksidan yang membantu dalam meningkatkan produksi kolagen, menjaga kesehatan kulit kepala, serta folikel rambut. Berikut ini tutorial memanfaatkan ketiga bahan tersebut untuk cegah munculnya uban, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube superprincessjo, Senin (25/12).

Bahan-bahan:

Samarkan rambut beruban berbagai sumber

foto: YouTube/superprincessjo

1. 1 buah bawang merah
2. 2 buah gooseberries
3. Minyak kelapa.

Cara membuat:

Samarkan rambut beruban berbagai sumber

foto: YouTube/superprincessjo

1. Siapkan teflon yang sedang dipanaskan
2. Tuangkan minyak kelapa secukupnya pada teflon tersebut
3. Jika sudah panas, masukkan bawang merah yang sudah diiris-iris
4. Campurkan dengan gooseberries, yang sudah dipotong juga
5. Masak kurang lebih lima menit
6. Angkat dan dinginkan
7. Masukkan ke dalam botol, sembari disaring.

Cara menggunakan:

Samarkan rambut beruban berbagai sumber

foto: YouTube/superprincessjo

1. Oleskan hair oil tersebut secara merata pada akar dan rambut
2. Diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit
3. Pijat-pijat akar rambut secara lembut kurang lebih dua atau lima menit
4. Bilas rambut dengan menggunakan sampo dan air biasa
5. Ulangi cara ini agar uban tertutupi dan tak muncul kembali.

(brl/mal)

tags

STORIES