Jadi selembut sutra, begini cara mengatasi rambut kering dan sulit diatur pakai 1 jenis saus

Jadi selembut sutra, begini cara mengatasi rambut kering dan sulit diatur pakai 1 jenis saus

Brilio.net - Sebagai mahkota alami setiap individu, rambut nyatanya memiliki banyak fungsi yang penting. Pertama-tama, rambut berperan dalam melindungi kulit kepala dari paparan langsung sinar matahari, debu, dan benda-benda asing lainnya. Selain itu, rambut juga menjadi bagian tubuh yang memiliki nilai estetika penting. Hal ini dikarenakan rambut yang sehat dan terawat juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang lho.

Namun, rambut pun tidaklah lepas dari berbagai masalah yang bisa muncul secara tiba-tiba. Salah satunya adalah mengenai kondisi rambut yang kering dan sulit diatur. Salah satu faktor utama yang menyebabkan rambut kering adalah kurangnya kelembapan alami di dalam helai rambut. Rambut yang sehat memiliki kandungan air yang optimal, tetapi faktor eksternal seperti polusi udara, sinar matahari, dan penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok dapat menyebabkan kelembapan rambut hilang secara bertahap. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi pemicu dari berkurangnya vitalitas rambut sehingga menjadi kering dan sulit diatur.

Untuk mengatasi hal ini, tentunya penting agar kamu bisa tahu produk apa yang dapat memberikan kelembapan dan kelembutan pada rambut. Nah, berangkat dari hal ini, kamu nggak perlu bingung kok. Soalnya, ada banyak solusi alami yang bisa dijadikan sumber utama bagi rambut untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @mynykaa di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (23/6). Disini bahan utamanya adalah penggunaan saus mayones yang kemudian dicampur dengan beberapa bahan alami seperti pisang, madu, dan minyak zaitun.

Jadi selembut sutra  Instagram

foto: freepik.com

Saus mayones biasanya digunakan sebagai pelengkap beberapa hidangan. Namun ternyata, saus ini juga memiliki manfaat luar biasa untuk rambut. Mayones mengandung minyak nabati, protein, dan vitamin E yang dapat memberikan kelembapan ekstra pada rambut kering. Kandungan lemak sehat dalam mayones membantu melembutkan rambut dan menjaga keseimbangan kelembapan alami.

Jadi selembut sutra  Instagram

foto: freepik.com

Pisang bukan hanya lezat sebagai camilan, tetapi juga merupakan bahan alami yang luar biasa untuk merawat rambut. Pisang mengandung kalium, vitamin A, vitamin E, dan mineral yang esensial bagi kesehatan rambut. Bahan-bahan ini membantu menghidrasi rambut, meningkatkan elastisitas, dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut yang sehat dan berkilau.

Jadi selembut sutra  Instagram

foto: freepik.com

Madu telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Manfaat dari Kkandungan antioksidan, sifat antibakteri, dan sifat humektan yang dimiliki madu menjadikannya pilihan yang ideal untuk mengatasi rambut kering dan sulit diatur. Madu membantu menjaga kelembapan rambut, mengurangi kekeringan, dan memberikan kilau alami.

Jadi selembut sutra  Instagram

foto: freepik.com

Minyak zaitun kaya akan asam lemak sehat dan vitamin E, yang menjadikannya bahan alami yang sangat berguna dalam perawatan rambut. Minyak zaitun membantu mengunci kelembapan dalam batang rambut, memperkuat akar rambut, dan meningkatkan tekstur dan elastisitas rambut yang kering. Selain itu, minyak zaitun juga memberikan perlindungan alami terhadap kerusakan lingkungan.

Nah, setelah mengetahui seluruh manfaat di atas, sekarang intip yuk cara membuat masker dari keempat bahan ini untuk mengatasi rambut kering dan sulit diatur. Tenang, pengerjaannya simpel banget kok.

Alat dan bahan:

1. 1 Pisang matang
2. 2 Sendok makan saus mayones
3. 1 Sendok makan madu
4. 1 Sendok makan minyak zaitun
5. Conditioner yang biasa dipakai secukupnya
6. Wadah berupa mangkuk kecil dan sendok yang telah dibersihkan.

Cara Membuat:

Jadi selembut sutra  Instagram

foto: Instagram/@mynykaa

1. Ambil pisang matang dan hancurkan dengan bantuan garpu atau blender hingga menjadi pasta halus.
2. Tambahkan saus mayones, madu, dan minyak zaitun, dan conditioner yang biasa kamu pakai ke dalam pisang yang sudah dihancurkan.
3. Aduk semua bahan dengan baik hingga tercampur merata dan membentuk masker yang kental.

Jadi selembut sutra  Instagram

foto: Instagram/@mynykaa

4. Sebelum mengaplikasikan campuran ini sebagai masker, bilaslah rambut kamu sedikit saja terlebih dahulu dengan air hangat.
5. Oleskan masker ini secara merata ke seluruh rambut. Pastikan agar semua helai rambut terlapisi.
6. Setelah teraplikasi dengan baik, diamkanlah selama 15-20 menit agar kandungannya dapat meresap dengan baik.
7. Setelah waktu yang ditentukan, bilas rambut dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk.
8. Gunakan racikan ini secara teratur, misalnya seminggu sekali, untuk hasil yang optimal.

(brl/far)

tags

STORIES