Lakukan smoothing mandiri agar rambut lebih halus, wanita ini justru alami botak koin usai treatment

Lakukan smoothing mandiri agar rambut lebih halus, wanita ini justru alami botak koin usai treatment

Brilio.net - Hair smoothing adalah salah satu teknik perawatan rambut yang bertujuan untuk mengurangi keriting, menghaluskan tekstur rambut, dan membuat rambut terasa lebih lembut. Teknik ini sangat cocok untuk rambut yang cenderung keriting atau bergelombang.

Proses smoothing rambut biasanya melibatkan penggunaan produk khusus atau zat kimia yang mengandung bahan-bahan seperti keratin atau protein lainnya yang membantu melembutkan lapisan kutikula rambut.

Untuk melakukan treatment smoothing, kebanyakan orang akan datang ke salon kecantikan agar hasilnya lebih optimal. Namun tak sedikit juga yang melakukannya secara mandiri agar lebih hemat. Sayangnya, melakukan smoothing mandiri bukanlah hal yang mudah. Tak sedikit yang justru gagal dan berakibat rusaknya rambut.

Seperti dialami seorang wanita yang membagikan kisah nyesek setelah melakukan smoothing mandiri melalui akun TikTok pribadinya @intandwiwidyah86. Pasalnya, rambut wanita tersebut justru mengalami botak koin usai treatment yang ia lakukan sendiri.

Wanita alami botak koin usai treatment smoothing TikTok

foto: TikTok/@intandwiwidyah86

"pengalaman buruk smoothing rambut semoga bisa dijadikan pelajaran buat kita semua," tulisnya dalam keterangan video unggahan, dikutip briliobeauty.net, Rabu (24/7).

Kisah nyeseknya tersebut berawal saat pemilik akun yang diketahui bernama Intan tersebut memutuskan untuk melakukan smoothing. Keputusannya tersebut ia ambil dengan alasan agar tidak perlu mencatok rambut setiap hari.

"karna males catokan akhirnya gw memutuskan untuk pake obat smoothing rambut tapi hasilnya," katanya.

Wanita alami botak koin usai treatment smoothing TikTok

foto: TikTok/@intandwiwidyah86

Setelah melakukan treatment secara mandiri, bukannya mendapatkan rambut yang lembut, lurus, dan mudah diatur, Intan justru mengalami kejadian nyesek. Rambutnya mengalami kebotakan koin.

Botak koin adalah istilah yang mengacu pada kondisi kebotakan yang terjadi di bagian tengah kepala, membentuk area bundar atau bulat seperti koin di tengah-tengah kepala seseorang.

Botak koin yang dialami Intan diduga akibat penggunaan obat smoothing yang terlalu keras. Akhirnya, Intan memutuskan untuk memakai bando setiap melakukan aktivitas guna menutupi botak di kepalanya.

Wanita alami botak koin usai treatment smoothing TikTok

foto: TikTok/@intandwiwidyah86

Beruntungnya, botak koin itu masih bisa diatasi dan rambutnya pun kembali tumbuh. Pasalnya, Intan rajin merawat rambutnya menggunakan rebusan daun jambu biji. Seperti diketahui, rebusan daun jambu biji adalah salah satu ramuan alami yang diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, terutama dalam memperkuat akar dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Bukan tanpa alasan, daun jambu biji kaya akan berbagai zat aktif seperti vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang penting untuk merawat kesehatan rambut. Akhirnya, seiring waktu, rambut Intan kembali tumbuh lebat dan botak koin di kepalanya hilang.

Wanita alami botak koin usai treatment smoothing TikTok

foto: TikTok/@intandwiwidyah86

Di akhir video, Intan mengingatkan untuk lebih berhati-hati saat melakukan treatment rambut secara mandiri. Pastikan untuk memperhatikan produk yang dipilih, serta melakukan uji atau patch test terlebih dahulu untuk mencegah efek buruk yang mungkin terjadi.

"kalian semua hati2 klo pake produk smoothing karna ga semuanya bisa cocok," pungkas Intan.

(brl/jad)

tags

STORIES