Membiarkan rambut kering alami atau pakai hair dryer? Kenali 7 cara mengeringkan rambut yang baik

Membiarkan rambut kering alami atau pakai hair dryer? Kenali 7 cara mengeringkan rambut yang baik

Brilio.net - Dalam rutinitas perawatan rambut ada berbagai tahapan yang perlu dilakukan. Mulai dari menggunakan hair mask hingga sampo. Penggunaan sampo bertujuan membuat rambut jadi lebih bersih dan lembut. Setelah mencuci rambut, pastinya kamu perlu mengeringkannya kan?

Berkaitan dengan itu, biasanya yang ada dibenak sejumlah orang adalah apakah membiarkan rambut kering secara alami atau menggunakan hair dryer. Pertanyaan ini tidak hanya menyangkut kecepatan dan kepraktisan, tetapi juga berdampak signifikan pada kesehatan dan penampilan rambut dalam jangka panjang.

Membiarkan rambut kering alami atau pakai hair dryer?

rambut kering alami atau pakai hair dryer  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip briliobeauty.net, Selasa (6/8), dari Healthline dokter Nikki Hill, dermatolog bersertifikat menyebut, membiarkan rambut kering secara alami adalah metode yang paling lembut. Hal ini adalah cara terbaik untuk menghindari kerusakan akibat panas. Namun, penting untuk diingat bahwa rambut basah juga rentan terhadap kerusakan mekanis, seperti yang dijelaskan oleh penelitian dalam Journal of Cosmetic Dermatology.

Di sisi lain, penggunaan hair dryer memiliki kelebihannya tersendiri. Mengutip dari Allure, sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Dermatology menemukan penggunaan hair dryer dengan teknik tepat bisa menjadi pilihan aman dan bahkan bermanfaat untuk beberapa jenis rambut.

Pilihan antara kedua metode ini juga bergantung pada jenis rambut dan gaya hidup individu. Bagi mereka dengan rambut tebal atau sangat keriting, membiarkan rambut kering alami bisa memakan waktu berjam-jam. Sementara itu, penggunaan hair dryer bisa menjadi solusi praktis bagi mereka yang memiliki waktu terbatas.

Cara mengeringkan rambut yang baik.

rambut kering alami atau pakai hair dryer  2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Menggunakan hair dryer dengan benar.

Menggunakan hair dryer bisa menjadi pilihan praktis, terutama saat kamu terburu-buru. Namun, penting untuk menggunakannya dengan benar. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Science, disarankan menggunakan pengaturan panas sedang dan menjaga jarak minimal 15 cm dari rambut untuk meminimalkan kerusakan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelindung panas (heat protectant) sebelum menggunakan hair dryer untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat panas.

2. Metode t-shirt drying.

Metode ini melibatkan penggunaan kaus katun untuk mengeringkan rambut. Mengutip dari Allure, menurut ahli rambut Jen Atkin, tekstur lembut kaus katun membantu mengurangi frizz dan kerusakan rambut dibandingkan dengan handuk biasa.

Kamu bisa memilih kaus katun yang lembut dan bersih. Lalu bungkus rambut kamu dengan lembut dan biarkan selama 10-15 menit.

3. Menggunakan handuk microfiber.

Handuk microfiber adalah alternatif yang baik untuk mengeringkan rambut. Serat halus pada handuk ini membantu mengurangi frizz dan kerusakan rambut. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Trichology menemukan bahwa penggunaan handuk microfiber membantu mengurangi waktu pengeringan dan meminimalkan kerusakan rambut.

Namun sebelum menggunakan handuk microfiber, ada satu hal yang perlu kamu ketahui yaitu jangan menggosok rambut dengan handuk. Tetapi tekan lembut agar menyerap air berlebih.

4. Blow drying dingin.

Menggunakan pengaturan udara dingin pada hair dryer bisa menjadi alternatif yang baik. Udara dingin bisa menutup kutikula rambut, memberikan kilau ekstra, dan mengurangi frizz.

Menggunakan metode ini bisa dimulai dengan pengaturan hangat untuk menghilangkan sebagian besar kelembapan, lalu selesaikan dengan udara dingin.

5. Metode plopping untuk rambut keriting.

Bagi kamu yang punya rambut keriting atau bergelombang, metode plopping bisa sangat efektif. Metode ini membantu mempertahankan bentuk alami rambut keriting sambil mengurangi frizz.

Kamu bisa pakai kaus katun atau handuk microfiber, letakkan di atas tempat tidur, dan "plop" rambut basah kamu ke atasnya sebelum membungkusnya.

6. Menggunakan sisir lebar saat rambut setengah kering.

Jika kamu perlu menyisir rambut saat masih lembap, gunakan sisir bergigi lebar. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Science, menyisir rambut basah dengan sisir bergigi lebar dapat mengurangi kerusakan dibandingkan dengan sikat rambut biasa.

Sebelum menyisir, kamu perlu memulainya dari ujung rambut dan perlahan-lahan naik ke akar untuk menghindari tarikan yang berlebihan.

7. Mengeringkan rambut dengan diffuser.

Jenis rambut keriting atau bergelombang bisa menggunakan diffuser sebagai pilihan yang lebih baik. Melansir dari Byrdie, diffuser membantu mendistribusikan panas secara merata, mengurangi frizz, dan mempertahankan bentuk alami rambut keriting.

Namun sebelum menggunakan kamu perlu mengatur dari panas rendah hingga sedang, dan jangan terlalu lama di satu area untuk menghindari kerusakan akibat panas.

(brl/jad)

tags

STORIES