Nggak hanya pakai minyak zaitun, begini cara hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman

Nggak hanya pakai minyak zaitun, begini cara hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman

Brilio.net - Serpihan putih yang umumnya menyebabkan rasa gatal dan sering berguguran di baju biasa disebut dengan ketombe. Kondisi ini merupakan masalah umum yang dialami oleh kebanyakan orang, terutama bagi yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Udara yang panas dan iklim yang berubah-ubah membuat kulit kepala rentan muncul ketombe.

Ketombe terbagi menjadi dua jenis, ketombe kering dan ketombe basah. Ketombe kering adalah jenis ketombe yang terjadi ketika kulit kepala mengalami pengelupasan kulit yang kering dan bersisik. Pada umumnya, ketombe kering ditandai dengan kulit kepala bersisik akibat terlalu cepatnya sel yang mengelupas.

Masalah kulit kepala ini terjadi karena perubahan cuaca dari panas ke dingin, atau karena kebiasaan keramas yang tidak teratur. Adanya ketidakseimbangan atau kelainan di kulit kepala membuat tubuh bereaksi dengan mempercepat siklus regenerasi sel-sel kulit kepala. Hal ini lah yang membuat serpihan kulit kepala berguguran.

Meski tak berbahaya, namun kondisi ini sangat mengganggu penampilan. Sehingga banyak yang mencari solusi untuk menghilangkannya. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nggak hanya pakai minyak zaitun, karena pemilik akun TikTok @syuhadaode pada 24 September 2023, juga menambahkan bahan lain yaitu 1 jenis bahan minuman, yaitu bubuk kopi.

"USIR KETOMBE DENGAN BAHAN ALAMI," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @syuhadaode, Selasa (24/10).

Hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman Berbagai sumber

Hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman
freepik.com

Sebagai minyak alami yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit, minyak zaitun juga masih menjadi primadona untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satunya mengatasi ketombe kering. Kandungan asam lemak dan vitamin E pada minyak zaitun dipercaya dapat melembapkan kulit kepala dan mengurangi ketombe kering. Minyak esensial ini juga mampu mengatasi rambut kering, kusut, dan membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Bubuk kopi yang juga dikenal menjadi bahan minuman pencegah kantuk, bahkan bisa kamu tambahkan sebagai bahan perawatan rambut dan kulit kepala lho. Selain ampuh dalam menjaga kulit kepala tetap bersih, bubuk kopi juga bisa membantu menghilangkan ketombe kering. Cara kerjanya sama seperti scrub pada kulit wajah, bubuk kopi yang diaplikasikan merata di kulit kepala mampu mengangkat ketombe dan menjaga kulit kepala bersih dan sehat.

Hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman Berbagai sumber

Hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman
TikTok/@syuhadaode

Bahan-bahan ini bisa kamu buat menjadi scrub kulit kepala yang ampuh menghilangkan ketombe kering dan mengatasi kulit kepala yang mengelupas. Berbagai vitamin dan nutrisi dalam kedua bahan tersebut juga ampuh mengatasi rambut rontok sekaligus membuatnya tumbuh lebat. Berikut cara pembuatan dan pemakaiannya.

Bahan:

1. 2 sendok makan bubuk kopi
2. 1-2 sendok makan minyak zaitun
3. Air secukupnya

Hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman Berbagai sumber

Hilangkan ketombe kering dengan tambahan 1 bahan minuman
TikTok/@syuhadaode

Cara pembuatan dan pemakaian:

1. Tuangkan bubuk kopi dan minyak zaitun pada wadah
2. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada bagian akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
4. Pijat-pijat dan gosok dengan lembut
5. Diamkan selama 5-10 menit
6. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
7. Lakukan metode ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat dan bebas ketombe kering.

@syuhadaode USIR KETOBE DENGAN BAHAN ALAMI#obatketombe #obatketombegratis Dream - Bolbbalgan4

(brl/ola)

tags

STORIES