Nggak perlu takut rusak, ini cara lindungi rambut saat styling pakai spray dari 1 bahan alami

Nggak perlu takut rusak, ini cara lindungi rambut saat styling pakai spray dari 1 bahan alami

Brilio.net - Untuk sebagian orang, melakukan styling rambut sudah menjadi sebuah kebutuhan. Namun, jika terlalu sering menggunakan hair styling yang memberikan panas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Rambut yang terpapar suhu panas secara terus-menerus dan tanpa perawatan tambahan akan menjadi kering, kusam, dan lambat laun rusak.

Oleh karenanya, jika kamu sering menggunakan alat styling rambut, seperti catokan atau hairdryer, sebaiknya gunakan heat protectant. Produk perawatan ini dapat melindungi rambut agar tidak kering dan rusak akibat suhu panas dari alat styling. Umumnya produk rambut ini dapat ditemukan dalam kemasan spray. Sebagai perlindungan, lapisan pelindung rambut akan dilengkapi dengan minyak alami dan silikon yang aman untuk tubuh dan dapat diserap oleh rambut.

Sama seperti kandungan zinc pada tabir surya, silikon yang terdapat pada produk proteksi rambut juga akan bekerja membentuk pelindung pada setiap kutikula rambut sehingga terlindungi dari panas alat hair styling. Formulanya diciptakan untuk menjaga kelembapan pada rambutmu. Sehingga meskipun kerap kali di styling rambutmu akan tetap sehat dan antikering.

Nah, selama ini kebanyakan orang rela membeli heat protectant dengan harga yang relatif mahal, padahal kamu bisa lebih menghemat pengeluaranmu dengan membuat heat protectant sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami lho. Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ndilufuno pada (3/3) lalu.

Cara lindungi rambut saat styling pakai spray dari 1 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam video yang di-upload tersebut pemilik akun membagikan cara lindungi rambut saat styling pakai spray dari 1 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah amla oil. Selain amla oil, pemilik akun juga mencampurkan bahan lain yaitu kondisioner.

"DIY HEAT PROTECTANT SPRAY," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ndilufuno, Sabtu (13/5).

Meski belum terlalu populer, minyak amla diketahui baik untuk kesehatan rambut. Manfaat minyak amla tersebut berasal dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Minyak amla berasal dari ekstrak buah gooseberry. Minyak ini diketahui mengandung beragam nutrisi, seperti antioksidan, asam lemak esensial, flavonoid, dan vitamin C.

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut kering, menambahkan minyak amla ke dalam rangkaian perawatan rambut dapat dipertimbangkan. Pasalnya, kandungan air dalam minyak amla cukup tinggi, sehingga penggunaanya bisa melembapkan rambut. Minyak dari tanaman amla sangat menghidrasi. Ini juga sangat melembapkan, sehingga dapat membantu menutrisi rambut kering dan rapuh. Minyak amla juga baik menjadi antioksidan, melindungi rambut dari faktor-faktor perusak radikal bebas.

Sedangkan penggunaan kondisioner juga dimaksudkan untuk melindungi sekaligus menutrisi rambut agar terhindar dari kerusakan akibat panasnya alat styling. Kondisioner mampu melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula rambut dari panasnya alat styling. Kutikula mengontrol kandungan air pada serat rambut dan melindungi lapisan terdalamnya yang memberikan kekuatan dan tekstur pada rambut. Kondisioner menghaluskan kutikula ini, jadi rambutmu tampak halus, berkilau, dan sehat.

Setelah mengetahui manfaat dari bahan-bahan yang sudah disebutkan, yuk simak cara membuat heat protectant seperti yang dibagikan akun TikTok @ndilufuno, berikut ini.

Cara lindungi rambut saat styling pakai spray dari 1 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ndilufuno

Bahan:

1. Kondisioner secukupnya.
2. Amla oil secukupnya.
3. Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Tuangkan kondisioner andalanmu dan amla oil pada botol spray.
2. Tambahkan air secukupnya lalu kocok sampai tercampur merata.
3. Semprotkan pada bagian batang rambut sebelum melakukan styling.
4. Gunakan secara rutin setiap sebelum melakukan styling agar kesehatan rambutmu tetap terjaga.

Cara lindungi rambut saat styling pakai spray dari 1 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@ndilufuno

Video yang membagikan cara lindungi rambut saat styling pakai spray dari 1 bahan alami ini viral. Bahkan sampai saat ini videonya sudah dilihat sebanyak 538,3 ribu kali dan memperoleh lebih dari 60 komentar.

"minyak terbaik yang pernah ada," celetuk pemilik akun @vinotk35.

"Apakah aku juga bisa menggunakan hair oil?" tanya akun @syaroondabest.

"Tentu saja," jawab pemilik akun.

@ndilufuno Heat damage can fuin a good wig, dont let that be yours. Quick and simple #wigtok#heatprotectantspray#pantenesummer DJ SLIINK BREAK FROM JERSEY JERSEY CLUB - DJ Sliink

(brl/wen)

tags

STORIES