Rambut cewek ini jadi mirip bulu landak usai hair smoothing, akibat pakai produk tak sesuai aturan

Rambut cewek ini jadi mirip bulu landak usai hair smoothing, akibat pakai produk tak sesuai aturan

Brilio.net - Ada banyak treatment kecantikan yang dilakukan dengan tujuan menyempurnakan penampilan. Salah satunya adalah hair smoothing yang dilakukan untuk membuat rambut tampak lebih halus dan lurus.

Sesuai namanya, smoothing adalah pelurusan rambut dengan tujuan menjadikan rambut lebih lembut, lemas, tidak kusut, dan tidak kaku. Metode smoothing dilakukan tanpa mengubah struktur rambut secara total, dan hanya memanfaatkan obat kimia khusus.

Meski bisa bertahan hingga 6 bulan, rambut yang telah melewati proses smoothing tentu perlu mendapatkan perawatan ekstra. Ini karena dalam prosesnya, smoothing tetap menggunakan bahan kimia yang tentunya dapat berpengaruh buruk terhadap rambutmu.

Paparan bahan kimia pada produk smoothing akan masuk ke dalam rambutmu dan mengubah struktur dan ikatan rambut. Inilah yang menjadikan bentuk rambut akan berubah setelah smoothing. Meski begitu, proses ini kerap membuat rambut mudah rapuh dan lebih kering.

Nah, kondisi rusaknya rambut akibat smoothing sempat dialami oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @moms_alka. Melalui unggahannya tersebut, pemilik akun membagikan kisah rambutnya yang berubah menjadi seperti bulu landak, lantaran patah setelah melakukan smoothing.

Rambut seperti bulu landak setelah smoothing TikTok

foto: TikTok/@moms_alka

"nyesel bgt smooting home service... tapi kwalitas jelek bgt," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @moms_alka, Jumat (28/6).

Kisahnya berawal saat dirinya memutuskan untuk melakukan smoothing sekitar 2 bulan sebelum mengalami rambut patah. Pada saat itu, ia memilih untuk menggunakan jasa home service dibandingkan pergi ke salon kecantikan.

"Karena waktu itu gue lagi males gitu ceritanya mau ngantri di salon, karena kan kalo di-smoothing agak lama," kata pemilik akun tersebut.

Proses smoothing berjalan dengan baik dengan hasil yang baik juga. Pasalnya, saat itu pemilik akun merasa hasil smoothing rambutnya cukup bagus. Tapi ternyata, setelah sebulan rambutnya mulai patah-patah dan sangat rapuh. Lebih parahnya, seiring waktu rambutnya semakin banyak yang patah dan ada beberapa yang rontok. Diduga, pelaku jasa home service tersebut tidak menggunakan produk smoothing sesuai dengan aturan.

Rambut seperti bulu landak setelah smoothing TikTok

foto: TikTok/@moms_alka

Akibatnya, rambut pemilik akun jadi seperti bulu landak. Terutama di bagian tengah kepala ke belakang. Tak hanya itu saja, helaian rambutnya yang lain juga terasa sangat rapuh dan hampir patah, sehingga rambutnya semakin menipis dan membuatnya cukup frustasi.

Nah, dari beberapa komentar di videonya, banyak yang mengalami kondisi serupa dan mengatakan jika hal itu terjadi akibat proses smoothing yang terlalu lama. Tak hanya itu saja, penggunaan obat smoothing yang terlalu banyak dan keras, serta proses catok juga menjadi penyebab rambut jadi patah setelah smoothing.

Rambut seperti bulu landak setelah smoothing TikTok

foto: TikTok/@moms_alka

Pasalnya, cairan kimia yang digunakan dalam proses smoothing rambut akan membuka kutikula rambut lalu merombak struktur aslinya. Proses pembukaan kutikula ini memang akan membuat rambut terasa halus dan licin. Namun, tanpa perawatan lanjutan, rambut sangat berpotensi mengalami kemerahan, kering, dan kusam.

Selain mengubah struktur rambut, proses smoothing juga dapat membuat rambut menjadi rapuh dan rontok. Agar hal itu tidak terjadi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan smoothing rambut. Seperti mengetahui jenis rambut, obat yang digunakan, serta memilih ahli yang profesional.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu melakukan perawatan ekstra seperti rajin menggunakan hair oil, hair vitamin, kondisioner dan sampo khusus, serta menghindari styling rambut menggunakan alat yang terlalu panas.

(brl/wen)

tags

STORIES