Rambut gampang lepek saat naik motor? Ketahui 7 penyebab dan cara mengatasinya

Rambut gampang lepek saat naik motor? Ketahui 7 penyebab dan cara mengatasinya

Brilio.net - Bagi kamu yang sering menggunakan motor sebagai alat transportasi, pasti tidak asing lagi dengan masalah rambut lepek. Ya, rambut yang kusut, berantakan, dan terlihat 'lepek' setelah berkendara dengan motor dapat menjadi masalah tersendiri.

Kamu mungkin merasa kesal dengan kondisi ini, lantaran penampilan menjadi tidak maksimal lagi, dimana terlihat berantakan, tidak fresh, dan tidak percaya diri.

Nah, untuk mengatasi rambut lepek saat naik motor, kamu perlu memahami terlebih dahulu penyebab dan solusinya. Mulai dari penggunaan helm yang tepat, pemilihan produk styling rambut yang sesuai, hingga perawatan rambut secara rutin.

Yuk ketahui penyebab dan cara mengatasi rambut lepek saat nai motor, sebagaimana briliobeauty.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (8/8).

1. Angin dan kecepatan motor.

Rambut gampang lepek saat naik motor  2024 freepik.com

Rambut gampang lepek saat naik motor
freepik.com

Saat kamu berkendara dengan motor, angin yang berhembus dapat menyebabkan rambut berantakan dan lepek. Apalagi jika kamu melaju dengan kecepatan tinggi, tekstur rambut semakin terkena dampaknya.

Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan helm yang nyaman dan menutupi rambut secara maksimal untuk melindungi rambut dari terpaan angin. Selain itu, kamu juga bisa mengikat rambut dengan rapi sebelum berkendara.

2. Kelembapan udara.

Selain angin, kelembapan udara juga dapat menjadi penyebab rambut kamu lepek saat naik motor. Semakin lembap udara di sekitar, semakin besar pula kemungkinan rambut kamu akan terlihat kusut dan lepek.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menggunakan produk styling rambut yang membantu menjaga tekstur rambut agar tetap terkontrol, seperti pomade atau wax rambut. Hindari menyentuh rambut secara berlebihan saat berkendara.

3. Debu dan kotoran.

Rambut gampang lepek saat naik motor  2024 freepik.com

Rambut gampang lepek saat naik motor
freepik.com

Ketika kamu berkendara dengan motor, rambut terkena paparan debu dan kotoran dari jalan. Hal ini dapat membuat rambut terlihat lepek dan kusam.

Sebagai jalan alternatifnya, bersihkan rambut kamu secara rutin menggunakan shampoo dan kondisioner yang sesuai. Gunakan juga masker rambut secara berkala untuk memelihara kesehatan rambut.

4. Kelembapan keringat.

Aktivitas berkendara dengan motor dapat membuat kamu berkeringat, terutama pada bagian kepala. Keringat yang menempel di rambut dapat menyebabkan rambut kamu menjadi lepek.

Mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa membawa topi atau bandana untuk menyerap keringat di bagian kepala saat berkendara. Jangan lupa untuk membersihkan rambut setelah tiba di tempat tujuan.

5. Penggunaan produk styling.

Rambut gampang lepek saat naik motor  2024 freepik.com

Rambut gampang lepek saat naik motor
freepik.com

Jika kamu telah menggunakan produk styling rambut sebelum berkendara, tekstur rambut mungkin akan lebih mudah lepek saat terkena angin atau keringat. Maka dari itu, kamu bisa menghindari menggunakan produk styling yang terlalu berat atau berlebihan sebelum berkendara. Pilih produk yang lebih ringan dan tidak membuat rambut kamu terasa lengket.

6. Jenis rambut.

Tak dapat dipungkiri, jenis rambut kamu juga memengaruhi kerentanan rambut terhadap masalah lepek saat naik motor. Rambut halus dan tipis cenderung lebih gampang lepek.

Jika kamu memiliki jenis rambut yang cenderung lepek, gunakan produk styling yang dapat memberikan volume dan struktur pada rambut, seperti mousse atau sea salt spray.

7. Panjang rambut.

Semakin panjang rambut kamu, semakin besar pula kemungkinan rambut akan lepek saat berkendara dengan motor. Pertimbangkan untuk memotong rambut menjadi lebih pendek jika sering naik motor. Selain itu, kamu juga bisa mengikat rambut dengan rapi agar tidak mudah lepek.

(brl/ola)

tags

STORIES