Tak cuma daun jambu biji, ini trik mencegah rambut beruban agar tak muncul lagi pakai 1 jenis minyak

Tak cuma daun jambu biji, ini trik mencegah rambut beruban agar tak muncul lagi pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih menjadi sebuah tanda jika seseorang semakin tua. Proses ini sebenarnya hal yang wajar terjadi ketika memasuki usia sudah matang. Namun tidak memungkiri, jika uban juga bisa saja timbul pada mereka yang berusia 20 tahunan. Hal tersebut bisa terjadi karena stres, faktor genetik, serta produksi melanin oleh melanosit yang cenderung berkurang, sehingga rambut kehilangan warna aslinya.

Perlu diketahui, proses perubahan warna rambut biasanya dimulai dari akar. Kemudian, muncul secara perlahan dari arah bawah yang berdekatan dengan akar. Saat rambut baru tumbuh, mereka biasanya memiliki warna asli. Namun seiring bertambahnya panjang rambut, melanosit di folikel rambut ini tidak menghasilkan cukup melanin.

Warna putih yang terlihat begitu mencolok, terkadang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha menutupi kondisi tersebut menggunakan cat rambut. Namun penggunaan cat rambut yang terlalu sering, justru bisa membuat rambut menjadi rusak.

Nah, ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mencegah munculnya uban. Trik ini yaitu menggunakan hair oil yang terbuat dari bahan alami. Tak perlu gunakan daun jambu biji, sebagai gantinya kamu bisa memanfaatkan blackseed oil atau jintan hitam yang dikenal minyak habbatussauda. Bahan ini berasal dari ekstrak tanaman yang biasanya digunakan untuk pengobatan tradisional.

Namun di balik itu, ternyata jintan hitam ini bisa digunakan untuk mencegah munculnya uban. Pasalnya, jintan hitam mengandung antioksidan yang bisa melindungi sel-sel kulit kepala dari radikal bebas. Sifat antiinflamasi di dalam bahan ini mampu mencegah munculnya uban.

Bahan kedua yaitu ada bubuk amla yang berasal dari gooseberry India. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang membantu menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Vitamin C adalah antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mempercepat munculnya uban.

Bahan terakhir yaitu daun kari dengan kandungan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan. Daun ini juga bisa merangsang produksi melanin dalam folikel sehingga mempertahankan warna alami pada rambut.

Itulah manfaat dari ketiga bahan yang bisa mencegah munculnya uban. Untuk cara membuat dan menggunakannya mudah saja, namun bagi kamu yang belum mengetahuinya, yuk simak informasi di bawah ini, dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube/littlediy pada Selasa (24/10).

Bahan-bahan:

trik mencegah rambut beruban berbagai sumber

foto: YouTube/littlediy

1. 1/4 cup minyak jintan hitam
2. 1 sendok teh bubuk amla
3. 1 sendok teh bubuk daun kari

Cara membuat:

trik mencegah rambut beruban berbagai sumber

foto: YouTube/littlediy

1. Tuangkan black seed oil ke dalam toples kaca bersih
2. Campurkan dengan bubuk amla
3. Tambahkan dengan bubuk daun kari
4. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Siapkan panci berisi air bersih yang sedang direbus
6. Panaskan ramuan tersebut menggunakan teknik double boiler kurang lebih satu hingga dua jambu
7. Bahan siap untuk digunakan

Cara menggunakan:

trik mencegah rambut beruban berbagai sumber

foto: YouTube/littlediy

1. Sisir rambut terlebih dahulu
2. Bagi menjadi beberapa bagian
3. Oleskan hair oil tersebut pada seluruh lapisan rambut
4. Pijat-pijat secara perlahan kurang lebih 30 menit
5. Bilas menggunakan sampo dan air biasa
6. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan trik ini secara rutin yaitu dua kali dalam seminggu.

(brl/mal)

tags

STORIES