Tak cuma pakai daun pepaya, ini trik cegah uban tumbuh kembali dengan tambahan 1 jenis tanaman herbal

Tak cuma pakai daun pepaya, ini trik cegah uban tumbuh kembali dengan tambahan 1 jenis tanaman herbal

Brilio.net - Uban merupakan rambut putih yang umumnya tumbuh pada orang lanjut usia. Kondisi ini terjadi karena zat melanin atau pemberi warna rambut mulai menurun seiring bertambahnya usia. Selain itu, kemampuan regenerasi sel rambut juga mulai menurun, sehingga rambut akan kehilangan pigmen alaminya.

Namun faktanya uban tak hanya dialami oleh orang yang berusia lanjut saja lho. Karena orang yang masih tergolong muda atau di bawah 30 tahun juga bisa mengalami rambut beruban. Kondisi ini disebut dengan uban prematur. Pertumbuhan uban ini dipicu oleh beberapa faktor, seperti genetik, pengaruh hormon, perawatan rambut yang salah, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Adanya uban di rambut memang cukup mengganggu penampilan. Maka tak heran banyak orang mencari cara untuk menghitamkannya hingga mencegahnya tumbuh kembali. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak cuma pakai daun pepaya, karena pemilik akun TikTok @amihahstore pada 6 Februari 2023, juga menambahkan bahan lain yaitu 1 jenis tanaman herbal, yakni aloe vera gel atau gel lidah buaya.

Cegah uban tumbuh kembali pakai lidah buaya Berbagai sumber

Cegah uban tumbuh kembali pakai lidah buaya
freepik.com

"Rambut Kembali Hitam Bebas Uban dan Ketombe," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @amihahstore, Selasa (14/11).

Meski umumnya dijadikan sebagai bahan lalapan dan sayur yang menyehatkan, ternyata daun pepaya juga banyak dimanfaatkan untuk merawat kesehatan rambut lho. Salah satu manfaatnya adalah mengatasi uban. Baik uban prematur maupun uban karena faktor penuaan. Daun yang memiliki rasa pahit ini punya kandungan antioksidan yang tinggi, yakni saponin karoten, enzim papain, dan chymopapain.

Kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh karena kemampuannya untuk menangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel hingga stres oksidatif. Stres oksidatif ini lah salah satu penyebab munculnya uban prematur. Selain itu, enzim dan berbagai kandungan vitamin di dalamnya juga efektif untuk menutrisi dan mencegah rambut kehilangan pigmen alaminya.

Pun dengan aloe vera gel yang juga banyak dimanfaatkan untuk merawat rambut dan kulit kepala. Selain mampu mengatasi kulit kepala kering, tanaman yang juga dikenal sebagai tumbuhan herbal ini dipercaya mampu mengatasi uban, berkat kandungan mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E sangat baik untuk mencegah uban tumbuh lebih banyak.

Cegah uban tumbuh kembali pakai lidah buaya Berbagai sumber

Cegah uban tumbuh kembali pakai lidah buaya
TikTok/@amihahstore

Cukup dengan kedua bahan yang disebutkan, kamu bisa membuat masker rambut yang efektif untuk mencegah uban tumbuh kembali. Selain itu, rambutmu juga tampak lebih sehat, lembut, dan hitam alami. Ini cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1 lembar daun pepaya
2. 1 gelas air
3. 1 batang lidah buaya

Cegah uban tumbuh kembali pakai lidah buaya Berbagai sumber

Cegah uban tumbuh kembali pakai lidah buaya
TikTok/@amihahstore

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Petik daun pepaya yang masih segar lalu cuci sampai bersih
2. Potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil
3. Masukkan kedalam blender kemudian tambahkan air
4. Blender daun pepaya hingga benar-benar halus
5. Saring daun pepaya yang sudah diblender dan ambil airnya
6. Ambil lidah buaya segar kemudian cuci dan kerok bagian daging dalamnya (kamu juga bisa pakai gel lidah buaya yang dijual di pasaran)
7. Masukkan kembali air perasan daun pepaya kemudian tambahkan daging atau gel lidah buaya pada blender
8. Blender keduanya sampai tercampur merata
9. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh, khususnya pada bagian akar rambut
10. Pijat-pijat agar lebih meresap lalu diamkan selama 10-15 menit
11. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
12. Gunakan masker antiuban ini secara rutin 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam berkilau secara alami.

@amihahstore

Creepy Violins - Apollo Nove

(brl/ola)

tags

STORIES