Tak hanya pakai kopi, ini trik mengatasi rambut lepek pakai masker dari 1 jenis sumber protein

Tak hanya pakai kopi, ini trik mengatasi rambut lepek pakai masker dari 1 jenis sumber protein

Brilio.net - Selain rambut kering dan mengembang, rambut lepek juga merupakan salah satu masalah yang cukup merisaukan. Rambut lepek biasanya terjadi karena jumlah minyak berlebih pada kulit kepala, sehingga rambut terlihat kurang bervolume, tipis, dan berminyak.

Kulit kepala pada dasarnya memiliki minyak alami yang disebut dengan sebum. Minyak alami di kulit kepala ini diproduksi oleh kelenjar sebasea atau kelenjar minyak yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap sehat. Akan tetapi, kelenjar minyak terkadang bekerja terlalu aktif, sehingga memproduksi minyak berlebih yang menyebabkan rambut berminyak dan lepek.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan hormon, mencuci rambut yang terlalu sering atau terlalu jarang, pengaruh dari produk perawatan rambut, penggunaan hijab dengan bahan yang kurang baik, sampai akibat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Orang dengan permasalahan seperti ini seringkali selalu merasa butuh mencuci rambut. Padahal, mencuci rambut terlalu sering tidak baik untuk kesehatan rambut, lho. Nah, sebagai solusinya kamu bisa melakukan perawatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan pakai kopi, pasalnya ada bahan lain yang juga tak kalah efektif untuk mengatasi rambut lepek ini.

Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @healthfulradiance_ pada 14 September 2021. Dalam video dengan durasi 27 detik tersebut pemilik akun memberikan trik mengatasi rambut lepek pakai masker dari 1 jenis sumber protein. Sumber protein yang dimaksud adalah kuning telur. Selain kuning telur, ia juga menambahkan bahan lain yaitu perasan lemon.

"DIY OILY SCALP HAIR MASK (DIY MASKER RAMBUT KULIT KEPALA BERMINYAK)," tulisnya dalam video, seperti telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @healthfulradiance_, Kamis (27/7).

Rambut lepek pakai 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya sebagai sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh, kuning telur juga merupakan salah satu bahan alami yang mampu menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin A, vitamin E, biotin, folat, dan zat besi pada kuning telur bisa menjadi ramuan ampuh untuk rambut.

Telur juga mengandung lesitin yang bisa membantu melembapkan sekaligus menguatkan rambut. Lesitin berfungsi sebagai emolien yang membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga. Bahkan, kandungan lesitin juga mampu mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. Karena itu, rambut lebih lembut, mudah diatur, bebas lepek, dan lebih berkilau.

Begitupun dengan lemon yang juga memiliki berbagai manfaat baik untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Lemon adalah buah berwarna kuning cerah yang menawarkan berbagai nutrisi. Lemon dikenal mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Selain itu, lemon mengandung asam sitrat, flavonoid, zat besi, vitamin B, serta zat pencerah alami, yang umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Manfaat jeruk lemon untuk rambut salah satunya adalah mengurangi rambut berminyak dan mengatasinya dari lepek. Kandungan antijamur dari lemon bisa membantu merawat kulit kepala dan mencegah perkembangan ketombe. Acidity di dalamnya bisa menyeimbangkan pH pada kulit kepala dan mengurangi produksi sebum.

Dengan kedua bahan tersebut, kamu bisa membuat masker rambut yang mampu mengatasi lepek dan kulit kepala berminyak. Bahkan, masker ini juga bisa membantu mengurangi ketombe dan gatal di kulit kepala lho. Yuk, simak cara membuatnya:

Rambut lepek pakai 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: TikTok/@healthfulradiance_

Bahan:

1. 1 butir kuning telur

2. 1 sendok makan air perasan lemon

Rambut lepek pakai 1 sumber protein Berbagai sumber

foto: TikTok/@healthfulradiance_

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah

2. Aduk keduanya sampai tercampur merata

3. Aplikasikan pada rambut, khususnya kulit kepala yang sudah dibasahi secara menyeluruh

4. Gosok-gosok dengan lembut dan pijat-pijat bagian kulit kepala agar sebum terangkat

5. Diamkan selama 5 menit lalu bilas menggunakan sampo dan kondisioner andalanmu

6. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@healthfulradiance_ life saver #beauty #beautyhacks #fyp #hair #hairstyle #diy Happy Vibes - GNL

(brl/pep)

tags

STORIES