Tak perlu gunakan semir, ini cara optimalkan sampo untuk atasi rambut beruban pakai 1 biji minuman

Tak perlu gunakan semir, ini cara optimalkan sampo untuk atasi rambut beruban pakai 1 biji minuman

Brilio.net - Munculnya uban sebenarnya merupakan hal yang normal, karena merupakan salah satu proses penuaan. Meski begitu, hal tersebut dianggap menganggu penampilan, sehingga banyak orang yang berusaha untuk menutupi uban. Salah satunya dengan mewarnai rambut dengan. Munculnya uban terjadi ketika folikel rambut kehilangan pigmen melanin yang memberikan warna pada rambut.

Hal tersebut terjadi ketika usia seseorang semakin bertambah tua. Nah, terjadinya proses tersebut bisa disebabkan beberapa faktor. Selain disebabkan oleh penuaan, timbulnya uban juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika orang tua atau anggota keluarga memiliki uban pada usia muda, hal ini kemungkinan bisa terjadi pada kamu.

Faktor berikutnya adalah kondisi tubuh yang mengalami stres. Kondisi ini secara tidak langsung bisa mempengaruhi produksi melanin dalam folikel rambut. Sedangkan faktor terakhir, berkaitan dengan kurangnya nutrisi pada rambut, terlebih lagi vitamin B12, asam folat, dan mineral, seperti tembaga. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut agar tak timbul uban, kamu bisa mendapatkannya dengan mengoptimalkan kinerja sampo.

Caranya dengan mengombinasikan sampo dengan bahan-bahan alami. Seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube recipes for you, yang mengombinasikan sampo dengan biji kopi, beras, dan cengkih. Dilansir dari hairfinity, biji kopi mengandung antioksidan dan kafein yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Adanya kandungan kafein dalam biji kopi dapat membantu menjaga pigmen rambut dan mencegah atau memperlambat proses uban. Tak hanya itu, adanya kandungan flavonoid dalam kopi juga bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan bebas kusam. Sedangkan, beras mengandung vitamin B yang diyakini dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Sementara itu, kandungan sifat pencerah alami dalam beras membantu meratakan warna rambut dan menyamarkan uban. Bahan terakhir yaitu cengkih mengandung antioksidan dan sifat antiseptik, yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dan mencegah masalah kulit kepala, seperti rambut kering.

Kombinasi ketiga bahan tersebut membantu mengatasi masalah rambut beruban dengan cepat. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube Recipes for you, Rabu (27/12).

Bahan-bahan:

atasi rambut beruban pakai sampo berbagai sumber

foto: YouTube/recipes for you

1. 3 sendok makan biji kopi
2. 1 sendok makan beras
3. 2 sendok makan cengkih
4. 2 gelas air putih.

Cara membuat:

atasi rambut beruban pakai sampo berbagai sumber

foto: YouTube/recipes for you

1. Haluskan terlebih dahulu biji kopi tersebut
2. Tuangkan satu sendok makan bubuk kopi pada mangkuk
3. Masukkan beras dan cengkih pada wadah tersebut
4. Siapkan panci berisi air bersih dan rebus hingga mendidih
5. Angkat dan tuangkan pada gelas berisi bahan-bahan tersebut
6. Diamkan selama 30 menit hingga air berubah warna
7. Aduk-aduk bahan tersebut
8. Tuangkan pada mangkuk, sembari disaring dengan menggunakan filter kapas
9. Masukkan cairan tersebut ke dalam botol sampo yang berisi
10. Kocok-kocok botol tersebut hingga bahan ramuan tercampur dengan sampo.

Cara menggunakan:

atasi rambut beruban pakai sampo berbagai sumber

foto: YouTube/recipes for you

1. Basahi rambut terlebih dahulu
2. Oleskan kombinasi sampo tersebut secara rata pada seluruh lapisan rambut
3. Pijat-pijat kulit kepala selama satu atau dua menit
4. Diamkan kurang lebih tiga menit
5. Bilas rambut dengan menggunakan air biasa
6. Gunakan trik ini secara rutin yaitu dua kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/mal)

tags

STORIES