Tak perlu jintan hitam, ini trik menghambat tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis tumbuhan

Tak perlu jintan hitam, ini trik menghambat tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis tumbuhan

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, gejala penuaan jelas akan mulai muncul pada berbagai bagian tubuh. Pada kulit, tanda penuaan yang muncul adalah berupa keriput dan garis halus. Sementara itu, penuaan di area kepala ditandai dengan kemunculan uban sebagai ciri khasnya.

Uban atau rambut putih merujuk pada kondisi rambut yang kehilangan pigmen warna aslinya. Hal ini terjadi karena kemampuan folikel rambut untuk menghasilkan melanin sebagai pigmen warna akan semakin menurun seiring bertambahnya umur. Akibatnya, warna rambut yang asli akan perlahan-lahan memudar dan berubah menjadi putih keabu-abuan.

Meskipun uban sering kali dikaitkan dengan proses penuaan, uban bisa muncul bahkan pada usia yang relatif muda. Selain faktor genetik, kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin B12 dan tembaga, peningkatan hormon kortisol saat mengalami stres, serta senyawa nikotin dalam rokok dapat mengganggu produksi melanin di kulit kepala. Faktor-faktor inilah yang membuat uban terkadang muncul pada orang yang masih relatif muda sekalipun.

Eits walau begitu, kamu bisa memperlambat kemunculannya sekaligus memudarkan warna uban ini hanya menggunakan bahan-bahan alami saja. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran bunga dan daun kembang sepatu dengan minyak kelapa, seperti diperagakan oleh @diyglowpage dan dilansir briliobeauty.net padaSenin (16/10).

menghambat tumbuhnya uban  Instagram

foto: freepik.com

Bunga dan daun kembang sepatu memiliki banyak komponen bermanfaat seperti asam amino, vitamin C, dan senyawa flavonoid. Asam amino dalam bunga kembang sepatu dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat, sehingga membantu memperlambat munculnya uban.

Sementara itu, vitamin C dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga membantu mempertahankan produksi melanin dalam folikel rambut. Di sisi lain, kandungan flavonoid dapat membantu meredakan stres oksidatif yang dapat mempercepat proses pembentukan uban.

menghambat tumbuhnya uban  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa mengandung komponen asam lemak yang dapat menembus batang rambut dan memberikan nutrisi secara mendalam untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, minyak kelapa juga kaya akan vitamin E yang secara aktif membantu menjaga kelembapan alami rambut, mencegah kerusakan, dan meminimalkan risiko munculnya penuaan dini pada rambut.

Penggunaan minyak kelapa akan membantu tumbuhnya rambut yang lebih sehat dan memperlambat kemunculan uban. Kedua bahan alami di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Daun dan bunga kembang sepatu secukupnya
2. Minyak kelapa secukupnya
3. Panci
4. Wadah ukuran sedang

Langkah pengerjaan:

menghambat tumbuhnya uban  Instagram

foto: Instagram/@diyglowpage

1. Masukkan minyak kelapa sekitar 1 gelas kecil dalam panci
2. Rebuslah minyak tersebut dengan api sedang
3. Setelah mendidih, matikan apinya dan lansgung masukkan bunga serta daun kembang sepatu bersamanya
4. Biarkan ekstrak daun dan bunga kembang sepatu tersebut keluar di minyak tadi hingga keduanya layu
5. Bila dirasa cukup, saringlah minyak tersebut dalam sebuah wadah
6. Aplikasikan minyak ini dari di kulit kepala dan pangkal rambut sembari dipijat selama 10 menit
7. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan sampo hingga bersih
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

View this post on Instagram

A post shared by DIY GLOW (@diyglowpage)

(brl/mal)

tags

STORIES