Tak perlu semir dan jintan, ini trik hentikan tumbuhnya uban prematur pakai 1 jenis bumbu dapur

Tak perlu semir dan jintan, ini trik hentikan tumbuhnya uban prematur pakai 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Selain kulit keriput, tanda-tanda penuaan lain yang cukup mengganggu penampilan adalah uban. Uban sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika helaian rambut tumbuh tanpa pigmen alaminya. Sehingga rambut akan memiliki warna putih atau keabu-abuan.

Hal ini disebabkan oleh menurunnya zat melanin pada folikel rambut seiring bertambahnya usia seseorang. Faktanya, tak hanya karena faktor penuaan saja yang bisa menyebabkan seseorang tumbuh uban di rambutnya. Ada banyak faktor lain seperti genetik, gaya hidup, perawatan rambut yang salah, hingga pengaruh hormon.

Oleh karena itu, uban juga bisa tumbuh pada orang yang masih muda atau sekitar 20-30 tahun. Kondisi ini disebut dengan uban prematur.

Uban prematur akan membuat penderitanya kurang percaya diri. Pasalnya, ia akan dianggap tua meskipun usianya masih tergolong muda.

Nah, meskipun mayoritas uban prematur disebabkan oleh faktor genetik, namun tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan perawatan yang tepat. Perawatan ini nantinya akan membantu menghentikan tumbuhnya uban prematur. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak perlu semir dan jintan, karena pemilik akun TikTok @posting.acak pada 30 April 2023, justru memakai 1 jenis bumbu dapur untuk menghentikan tumbuhnya uban prematur. Bumbu dapur yang dimaksud adalah kemiri. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan jeruk nipis.

"Resep herbal penghilang uban penyubur rambut," katanya sebagai keterangan video, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @posting.acak, Rabu (15/11).

Hentikan tumbuhnya uban prematur pakai kemiri Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kemiri adalah bumbu atau rempah dapur yang akan membantu menambah cita rasa masakan. Selain membuat masakan jadi lebih lezat dan gurih, kemiri ternyata juga efektif untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala lho. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi dan mencegah tumbuhnya uban prematur.

Ini karena minyak yang terkandung dalam kemiri diketahui memiliki kandungan vitamin E sebagai antioksidan. Antioksidan ini lah yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya uban prematur. Protein dan mineral di dalamnya juga ampuh menyuburkan sekaligus menguatkan akar rambut.

Minyak kelapa juga sudah banyak dimanfaatkan banyak orang sebagai bahan perawatan rambut. Bukan tanpa alasan, pasalnya minyak ini memiliki kandungan polifenol dan vitamin E yang bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan melanin rambut.

Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya juga efektif dalam mempertahankan kadar protein. Selain itu juga memberi asupan nutrisi untuk mencegah lunturnya melanin rambut penyebab uban prematur.

Sedangkan jeruk nipis, memiliki kandungan nutrisi untuk rambut seperti asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, pektin, dan flavonoid yang dipercaya mampu membantu meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah timbulnya uban.

Hentikan tumbuhnya uban prematur pakai kemiri Berbagai sumber

foto: TikTok/@posting.acak

Beberapa manfaat dari bahan-bahan tersebut memiliki manfaat yang ampuh dalam mencegah tumbuhnya uban prematur. Nah, kamu bisa mengolahnya menjadi masker rambut yang dapat kamu gunakan secara rutin jika ingin mendapatkan rambut yang hitam menyeluruh tanpa semir. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 2 butir kemiri
2. 6 sendok makan minyak kelapa
3. 1/2 buah perasan jeruk nipis

Hentikan tumbuhnya uban prematur pakai kemiri Berbagai sumber

foto: TikTok/@posting.acak

Cara membuat dan menggunakan:

1. Parut kemiri hingga menjadi halus
2. Tambahkan minyak kelapa dan perasan jeruk nipis
3. Aduk ketiga bahan sampai tercampur merata
4. Diamkan selama 3-5 jam terlebih dahulu
5. Setelah itu, oleskan pada bagian akar dan rambut yang mengalami uban secara menyeluruh
6. Pijat-pijat dengan lembut agar masker meresap
7. Biarkan selama semalaman atau seharian
8. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
9. Gunakan masker antiuban ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

@posting.acak Resep herbal penghilang uban penyubur rambut #untukanda #herbal #ramuanrambutsehat #ramuantiktok #resepuntukpemula #tiktokindonesia suara asli - IDA DAYAK MANAGEMENT - Random Post

(brl/lea)

tags

STORIES