Tak perlu warnai rambut, ini cara menghitamkan uban sekaligus atasi rontok pakai 1 bahan minuman

Tak perlu warnai rambut, ini cara menghitamkan uban sekaligus atasi rontok pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Uban adalah hal alami yang pasti dialami semua orang ketika menua. Sel pigmen pada folikel rambut perlahan berkurang. Ketika hanya ada sedikit sel pigmen, batang rambut tak lagi bisa mengandung melanin. Namun, pada kasus tertentu, uban bisa muncul lebih cepat. Ada beberapa penyebab munculnya uban, diantaranya faktor genetik, stres, kekurangan nutrisi tertentu, hingga ketidak cocokan dengan produk perawatan rambut.

Selain rambut beruban, masalah rambut yang cukup membuat pusing adalah rambut rontok. Rambut rontok harus segera diatasi, terutama bagi kamu yang mengalami kerontokan parah. Sebab, rambut rontok yang tak segera diatasi bisa menyebabkan kebotakan permanen.

Seperti yang diketahui bahwa rambut merupakan hal yang sangat penting bagi kebanyakan orang, tak lain karena ini berhubungan dengan penampilan. Rambut bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, bagi sebagian orang, rambut uban dan rontok akan menjadi masalah.

Uban merupakan hal yang wajar terjadi bagi seseorang yang sudah lanjut usia. Namun, jika terjadi di usia muda ini bisa menjadi masalah bagi penampilan. Begitupun dengan rambut rontok yang mampu membuat siapapun penderitanya tidak percaya diri karena penipisan rambut hingga terjadi kebotakan.

Karena itu lah, kebanyakan orang mencari cara untuk menghitamkan rambut beruban dan memperkuat akar rambut agar tak mudah rontok. Tak perlu pusing memikirkan perawatan mahal atau mewarnai rambutmu, karena kamu bisa menggunakan bahan alami untuk menghitamkan rambut beruban dan mengatasi rambut rontok.



Seperti halnya yang diunggah oleh akun TikTok @iamthatgirl816 pada (14/11/2022) lalu. Dalam video yang berdurasi 48 detik tersebut pemilik akun membagikan cara menghitamkan uban sekaligus atasi rontok pakai 1 bahan minuman. Bahan minuman yang digunakan adalah teh hitam celup. Tak hanya teh hitam celup saja, pasalnya pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kastor atau castor oil.

"Cara alami hilangkan uban dan menguatkan rambut," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @iamthatgirl816, Sabtu (10/6).

Cara menghitamkan uban sekaligus atasi rontok pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Teh hitam dapat meningkatkan melanin dan keratin pada helai rambut sehingga mampu mengembalikan pigmen alami rambut. Selain itu, teh ini juga efektif menutupi warna uban yang telah tumbuh. Teh hitam juga kaya akan tanin yang mampu menghentikan produksi hormon DHT yang dikenal dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kandungan antioksidan pada teh ini juga tergolong tinggi.

Sedangkan castor oil adalah minyak alami yang lebih dikenal dengan nama minyak jarak. Kandungan asam lemak Omega-6, Omega-9, dan 90% asam risinoleat di dalamnya berguna melancarkan peredaran darah di kulit kepala, sehingga akar rambut jadi sehat dan kuat. Kerontokan rambut pun berkurang.

Manfaat castor oil yang lainnya adalah kemampuannya untuk menjaga kulit kepala tetap lembap dan ternutrisi. Asam lemak esensial dan risinoleat dari castor oil bisa mencegah terbentuknya uban sejak dini, sehingga rambut hitam milikmu tampak berkilau dan sehat.

Guna memanfaatkan kedua bahan tersebut, kamu bisa mengolahnya menjadi masker atau air bilasan. Nah, teh hitam ini bisa kamu buat menjadi teh basi yang akan memiliki beragam manfaat untuk rambutmu. Teh basi memiliki antioksidan yang cukup untuk menutrisi rambut dari akarnya sehingga membuat rambut menjadi lebih berkilau dan tidak mudah rapuh. Berikut cara membuatnya.

Cara menghitamkan uban sekaligus atasi rontok pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@iamthatgirl816

Bahan:

1. 3 kantung teh hitam.
2. 2 gelas air.
3. 1 sendok makan castor oil.

Cara membuat:

1. Masukkan kantung teh pada panci dan tambahkan air.
2. Masak hingga mendidih selama kurang lebih 1-2 menit.
3. Matikan kompor lalu tutup dan diamkan semalaman.
4. Setelah semalam, ambil kantung teh lalu gunakan airnya.
5. Tambahkan castor oil pada air teh basi yang sudah kamu buat.
6. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
7. Aplikasikan pada rambut secara merata sembari dipijat-pijat lembut selama 5-10 menit agar meresap.
8. Diamkan selama 30-60 menit lalu bilas menggunakan air tanpa sampo.
9. Gunakan masker ini secara rutin 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Cara menghitamkan uban sekaligus atasi rontok pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@iamthatgirl816

Cara menghitamkan uban sekaligus atasi rontok pakai 1 bahan minuman ini lantas viral dan mengundang reaksi dari warganet. Sampai saat ini videonya sudah dilihat sebanyak 72,6 ribu kali dan memperoleh beberapa komentar.

"aq dh pkai bertahun" nga di cmpur apa" air teh basi, ckp 1 saset," celetuk pemilik akun @istiqomah1972.

"Minyak jarak adalah minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak. Dalam bidang farmasi dikenal pula sebagai minyak kastroli," jelas akun @ugm95.

@iamthatgirl816 Cara alami hilangkan uban dan menguatkan rambut #teh #kecantikan #semir #tips #cara #uban Dj Runtah Biwir Berem Berem Jawer Hayam - Sihuun

(brl/far)

tags

STORIES