Tanpa dicampur bawang bombay, ini cara cegah uban muncul di usia muda pakai 1 jenis biji-bijian

Tanpa dicampur bawang bombay, ini cara cegah uban muncul di usia muda pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Seperti yang kita ketahui, rambut mengalami perubahan warna biasanya saat seseorang menginjak usia di atas 30 tahunan ke atas. Karena beberapa faktor, uban bisa saja muncul di usia muda yaitu sekitar 20 tahunan.

Rambut putih yang muncul di usia muda atau biasa dikenal uban prematur ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama yaitu genetik yang berasal dari orangtua. Selain itu, jika nenek atau kakek punya riwayat uban prematur, kemungkinan bisa terjadi pada kamu.

Faktor berikutnya berasal dari stres yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk rambut. Nah, stres ini dapat menyebabkan penurunan melanin (pigmen yang memberi warna pada rambut) sehingga rambut menjadi putih atau abu-abu.

Kemudian kekurangan vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, tembaga, dan seng, dapat memengaruhi produksi melanin dan menyebabkan rambut beruban. Jika melihat dari beberapa faktor di atas, kamu perlu melakukan perawatan untuk cegah uban muncul di usia muda.

Ada satu cara cegah uban di usia muda yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan ramuan dari bahan alami. Cara ini seperti yang digunakan oleh beauty vlogger dengan kanal YouTube @asmabeauty. Dalam unggahan di kanal YouTubenya, ia menggunakan biji kalonji, bubuk amla, daun neem, dan kopi.

Biji kalonji, juga dikenal sebagai jintan hitam, mengandung thymoquinone yang membantu merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam biji kalonji membantu mengurangi stres oksidatif pada folikel rambut, yang dapat mencegah atau mengurangi pembentukan uban.

Dilansir dari healthshots.com, Rabu (15/5) minyak dari biji kalonji kaya akan asam lemak esensial yang melembapkan kulit kepala dan rambut, menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Amla kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan uban.

Kandungan nutrisi dalam amla membantu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan. Amla juga membantu dalam melembutkan rambut dan menambah kilau alami.

Neem memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang menjaga kulit kepala bebas dari infeksi yang bisa menyebabkan rambut rontok dan uban. Neem meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Neem efektif dalam mengatasi ketombe, yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan uban.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, kamu bisa mencegah uban muncul. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan ramuan di atas? Berikut ini tutorial yang bisa kamu ikuti sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @asmabeauty, Sabtu (18/5).

Bahan:

cara cegah uban muncul di usia muda berbagai sumber

foto: YouTube/@asmabeauty

- 2 sendok makan biji kalonji
- 2 gelas air putih
- 2 sendok makan bubuk amla
- 2 sendok makan bubuk daun neem
- 1 sendok makan bubuk kopi.

Cara membuat:

cara cegah uban muncul di usia muda berbagai sumber

foto: YouTube/@asmabeauty

1. Siapkan wajan bersih
2. Masukkan biji kalonji ke dalam wajah
3. Osreng selama beberapa menit
4. Angkat dan tunggu hingga dingin
5. Haluskan dengan cara ditumbuk
6. Tuangkan air putih pada wajan
7. Campurkan dengan bubuk kalonji
8. Tambahkan bubuk amla dan bubuk daun neem
9. Masukkan bubuk kopi
10. Rebus bahan-bahan tersebut
11. Jangan lupa untuk diaduk, hingga memiliki tekstur pasta.

Cara menggunakan:

cara cegah uban muncul di usia muda berbagai sumber

foto: YouTube/@asmabeauty

1. Pastikan rambut kamu kering
2. Aplikasikan bahan ramuan tersebut
3. Tunggu selama satu jam
4. Bilas menggunakan air biasa dan sampo
5. Keringkan dengan handuk dan lanjutkan menggunakan hair care lain.

(brl/lea)

tags

STORIES