Tanpa dicampur bawang, wanita ini bagikan cara merawat rambut rontok pakai 1 bubuk minuman

Tanpa dicampur bawang, wanita ini bagikan cara merawat rambut rontok pakai 1 bubuk minuman

Brilio.net - Rambut rontok menjadi permasalahan umum dialami banyak orang. Kondisi ini cukup meresahkan, pasalnya rambut rontok berserakan di lantai dan bahkan tertinggal di sisir. Jika kondisi ini dibiarkan saja tanpa adanya pertolongan segera, maka akan menyebabkan masalah serius, seperti kebotakan. Jelas, jika sudah sampai ke tahap ini akan membuat penampilan menjadi tidak maksimal.

Berbicara mengenai rambut rontok, penyebab paling umum yang sering dialami sejumlah orang adalah faktor genetika. Faktor genetika dikenal sebagai androgenetic alopecia dan biasanya terjadi pada pria dan wanita seiring bertambahnya usia. Pada pria, kondisi ini dikenal sebagai pola kebotakan pria (male pattern baldness) yang biasanya dimulai dengan garis rambut menipis di bagian depan dan pelipis. Sedangkan pada wanita, penipisan biasanya terjadi di seluruh kulit kepala.

Selain disebabkan oleh faktor genetika, perubahan hormonal juga dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan. Beberapa kondisi yang berkaitan dengan hormon, seperti kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid, dapat memicu rambut rontok. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi kesehatan rambut.

Faktor berikutnya adalah stres fisik atau emosional dapat menyebabkan rambut rontok sementara. Kondisi ini dikenal sebagai telogen effluvium. Biasanya, rambut akan rontok dalam jumlah besar beberapa bulan setelah peristiwa stres, seperti operasi besar, penyakit berat, atau trauma emosional.

Itulah penyebab dari rambut rontok yang perlu kamu hindari. Nah, untuk memperkuat akar rambut rontok kamu perlu melakukan perawatan secara rutin, salah satunya adalah mengoptimalkan sampo dengan bahan alami yaitu kopi. Bahan minuman ini tidak hanya digunakan untuk mengobati kantuk saja, melainkan memiliki kegunaan yang bisa atasi rambut rontok.

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kafein bekerja dengan memperpanjang fase anagen (fase pertumbuhan) dari siklus rambut yang dapat membantu rambut tumbuh lebih panjang dan kuat.

Kafein dalam kopi juga dapat menghambat efek hormon dihidrotestosteron (DHT) yaitu salah satu penyebab utama kerontokan rambut, terutama pada pria. Dengan mengurangi efek DHT, kopi dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Sementara itu, kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan faktor lingkungan lainnya. Ini dapat membantu menguatkan akar rambut dan mencegah rambut rapuh dan mudah rontok.

Manfaat kopi bagi kesehatan rambut.

Kopi tidak hanya digunakan untuk atasi rambut rontok saja. Bubuk minuman satu ini punya manfaat lain bagi kesehatan rambut. Melansir dari healthshots.com, Jumat (24/5) kopi memiliki sifat eksfoliasi yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati dan ketombe. Butiran kopi yang halus dapat digunakan sebagai scrub alami untuk kulit kepala, membantu menghilangkan ketombe dan menjaga kebersihan kulit kepala. Kopi memiliki sifat asam yang dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala, untuk mencegah masalah seperti ketombe dan rambut berminyak.

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan apakah kamu tertarik menggunakan trik di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.nethimpun dari kanal YouTube @curly.swapna, Jumat (24/5).

Bahan:

atasi rambut rontok pakai kopi berbagai sumber

atasi rambut rontok pakai kopi
YouTube/@curly.swapna

- 1 sendok makan bubuk kopi
- 1 sendok makan sampo.

Cara membuat:

atasi rambut rontok pakai kopi berbagai sumber

atasi rambut rontok pakai kopi
YouTube/@curly.swapna

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan bubuk kopi ke dalam wadah
3. Tuangkan sampo
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakan:

atasi rambut rontok pakai kopi berbagai sumber

atasi rambut rontok pakai kopi
YouTube/@curly.swapna

1. Tuangkan kombinasi sampo pada telapak tangan
2. Usap-usap pada telapak tangan hingga berbusa
3. Baru usapkan pada rambut
4. Pijat-pijat selama beberapa menit
5. Bilas rambut menggunakan air biasa
6. Gunakan trik ini secara rutin agar akar rambut kuat dan bebas rontok.

(brl/ola)

tags

STORIES