Tanpa minyak kemiri, ini cara atasi rambut bercabang dan kering pakai hair oil dari 1 jenis tanaman

Tanpa minyak kemiri, ini cara atasi rambut bercabang dan kering pakai hair oil dari 1 jenis tanaman

Brilio.net - Sinar matahari yang begitu menyengat tidak hanya memberikan dampak buruk bagi kecantikan kulit, tapi juga rambut. Kondisi ini bisa terjadi karena sinar matahari membuat rambut kekurangan kelembapan alaminya. Hal tersebut bisa menjadikan rambut menjadi kering dan bercabang. Masalah ini juga bisa terjadi karena penggunaan alat styling yang berlebihan.

Penggunaan alat ini memanfaatkan panas agar rambut bisa tertata dengan rapi. Namun di balik manfaatnya itu, alat styling ini bisa merusak struktur rambut. Bahkan bisa menyebabkan kehilangan kelembapan dan menimbulkan bercabang. Perawatan rambut yang mengandung bahan kimia dan pewarnaan yang terlalu sering juga menyebabkan kerusakan.

Pasalnya, dua hal tersebut bisa membuat folikel kehilangan lapisan pelindung alami. Nah, agar rambut tak gampang bercabang dan kering, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan dengan cara tepat. Gunakan sampo dan kondisioner sesuai dengan jenis rambut kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghindari penggunaan alat pemanas secara berlebihan.

Agar rambut semakin sehat, imbangi dengan perawatan secara alami. Tak melulu menggunakan minyak kemiri untuk atasi rambut bercabang dan kering, pengguna YouTube Little DIY justru membuat hair oil dari dua bahan saja yaitu rosemary dan fenugreek seed. Rosemary diketahui memiliki sifat yang merangsang pertumbuhan rambut.

Sifat tersebut membantu rambut menjadi lebih tebal dan lebih sehat. Sifat pembersih membantu membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran dan residu produk. Jenis tanaman ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan mendukung kesehatan rambut dengan memasok nutrisi ke akar rambut.

Sementara itu, bahan tambahan fenugreek menjadi pelembap alami yang membuat rambut menjadi lebih lembap. Kandungan protein dalam biji fenugreek dapat membantu menguatkan dan merawat rambut, serta mengurangi risiko rambut bercabang. Seperti rosemary, fenugreek seed juga memiliki sifat pembersih yang membantu membersihkan rambut dan kulit kepala.

Itulah manfaat dari kedua bahan alami yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara memakainya? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube Little DIY pada Selasa (17/10).

Bahan-bahan:

atasi rambut bercabang dan kering berbagai sumber

foto: YouTube/little diy

1. 2 sendok makan rosemary
2. 1 sendok makan fenugreek seed
3. 1 gelas air hangat.

Cara membuat:

atasi rambut bercabang dan kering berbagai sumber

foto: YouTube/little diy

1. Masukkan rosemary ke dalam mangkuk
2. Campurkan dengan fenugreek
3. Tuangkan air hangat pada bahan tersebut
4. Rendam kurang lebih beberapa menit
5. Lalu masak kurang lebih 10 menit
6. Tuangkan pada gelas dan dinginkan
7. Simpan di dalam botol spray dan siap digunakan.

Cara menggunakan:

atasi rambut bercabang dan kering berbagai sumber

foto: YouTube/little diy

1. Sisir rambut terlebih dahulu
2. Lalu, semprotkan hair oil tersebut secara merata
3. Biarkan kurang lebih 15 menit
4. Bilas dengan menggunakan sampo dan air bersih
5. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk bersih
6. Gunakan cara ini agar hasil lebih terlihat.

(brl/mal)

tags

STORIES