Tanpa pewarna dan urang-aring, begini cara hitamkan rambut penuh uban hanya pakai 1 jenis daun

Tanpa pewarna dan urang-aring, begini cara hitamkan rambut penuh uban hanya pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Munculnya uban adalah salah satu tanda penuaan yang muncul saat seseorang memasuki usia 30 tahun. Kondisi ini terjadi saat helaian rambut kehilangan pigmen alaminya. Pasalnya, saat seseorang mulai menua, produksi pigmen melanin pemberi warna alami rambut mulai mengalami penurunan yang menjadikan rambut tumbuh berwarna putih.

Selain itu, tumbuhnya uban juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika ada orang yang memiliki uban di usia muda, kemungkinan akan diturunkan kepada anak-anaknya. Selain kedua faktor tersebut, kondisi medis seseorang, seperti menderita kelainan autoimun, gangguan hormonal, atau defisiensi vitamin tertentu juga bisa memicu tumbuh uban.

Tak hanya itu saja, uban prematur yang tumbuh di usia muda juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor eksternal lain, seperti stres, perawatan rambut yang salah, merokok, gaya hidup yang kurang sehat, dan seringnya melakukan styling rambut dengan bergonta-ganti warna rambut. Nah, uban yang muncul pada permukaan dasar kulit kepala ini sudah pasti bisa diatasi.

Biasanya banyak orang yang mengatasi rambut beruban dengan menggunakan semir rambut atau pewarna alami, seperti urang aring. Namun, kini tanpa menggunakan bahan alami tersebut, kamu masih bisa lho mengatasi rambut beruban. Sebagai gantinya, kamu bisa memakai daun salam dengan kandungan antijamur, antibakteri, dan antiinflamasi.

Semua kandungan tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, menghitamkan secara alami, dan mencegah infeksi pada kulit kepala. Selain membuat pertumbuhan uban terhambat, nantinya rambut juga bisa terlihat bersinar karena warnanya yang kembali hitam alami. Daun salam ini juga mampu membuat rambut lebih kuat, tidak mudah rontok, dan bebas dari gatalnya ketombe.

Hitamkan rambut penuh uban Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara itu, bahan tambahan alami yaitu amla atau gooseberry merupakan sumber yang kaya vitamin C dan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu memperkuat folikel rambut, mencegah kerontokan rambut, dan meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Sedangkan, biji adas atau fenugreek seeds mengandung protein, zat besi, vitamin C, dan lecithin yang bisa memperkuat akar rambut dan melindungi folikel kulit kepala dari kerusakan. Di sisi lain, adanya kalonji atau jintan hitam mampu menghitamkan rambut beruban dan melindungi folikel rambut, karena kandungan berupa asam linoleat, nigellone, dan thymoquinone.

Lantas bagaimana cara menggunakan semua bahan alami tersebut? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, yuk simak informasi di bawah ini, dilansir briliobeauty.net dari YouTube/Garima Singh pada Selasa (21/11).

Bahan-bahan:

Hitamkan rambut penuh uban Berbagai sumber

foto: YouTube/Garima Singh

1. Kalonji (jintan hitam)
2. Fenugreek seeds
3. Kembang sepatu
4. Amla
5. Daun salam.

Cara membuat:

Hitamkan rambut penuh uban Berbagai sumber

foto: YouTube/Garima Singh

1. Masukkan kalonji ke dalam wajan yang sudah dipanaskan kurang lebih dua sendok makan
2. Aduk-aduk kurang lebih lima menit
3. Masukkan fenugreek seeds kurang lebih dua sendok makan
4. Aduk-aduk semua bahan dan masukkan beberapa biji daun amla
5. Masukkan daun salam yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian ke dalam wajan tersebut
6. Tuangkan ke dalam mangkuk dan tambahkan daun kembang sepatu secukupnya
7. Haluskan semua bahan tersebut dengan ditumbuk atau menggunakan blender
8. Masukkan bubuk ramuan tersebut ke wajan dan tuangkan air hangat secukupnya
9. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
10. Biarkan kurang lebih satu malam dan aduk kembali
11. Tuangkan ke wadah bersih, sembari disaring dan aduk kembali.

Cara menggunakan:

1. Rapikan rambut terlebih dahulu
2. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh permukaan rambut
3. Biarkan kurang lebih 30 menit
4. Bilas ramuan tersebut dengan menggunakan air biasa tanpa sampo
5. Dengan menggunakan ramuan tersebut tampak hasil rambut berwarna lebih gelap dan berkilau.

(brl/mal)

tags

STORIES